Inilah Alasan Kenapa Minum Air Putih di Pagi Hari Sangat Penting

Inilah Alasan Kenapa Minum Air Putih di Pagi Hari Sangat Penting

Kamu berpuasa sepanjang waktu saat kamu tidur, dan seringkali selama beberapa jam sebelum tidur. Puasa berarti kamu tidak makan atau minum apa pun. Jadi perutmu kosong dan kamu mengalami dehidrasi saat pertama kali bangun. 

Minum air di pagi hari membantu tubuhmu pulih dari dehidrasi di malam hari. Tubuhmu menyerap air lebih cepat saat perutmu kosong. Di Jepang, ada tradisi minum air saat perut kosong untuk kesehatan. 

Dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, jadi kamu harus segera melakukan rehidrasi dengan minum air putih. Minum air terlebih dahulu juga dapat membantumu membangun rutinitas yang sehat dan menjagamu tetap terhidrasi sepanjang hari.

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Manfaat minum air putih di pagi hari memengaruhi berbagai aspek kesehatanmu, seperti: 

1. Kulit yang lebih baik. Dehidrasi benar-benar dapat merusak kulit. Minum air di pagi hari akan membuat kulit terhidrasi lebih baik dan mengurangi kerutan serta meningkatkan kilau alami kulit. 

2. Rambut yang lebih baik. Rambutmu terdiri dari 25% air. Terlalu sedikit air dapat membuatnya kering dan rapuh. Minum air di pagi hari dapat meningkatkan kilau dan kekuatannya. 

3. Penurunan berat badan. Air tidak mengandung kalori tetapi dapat membantumu merasa kenyang. Kadang-kadang kita bahkan mengacaukan rasa haus dengan lapar. Hal ini bisa menyebabkan kita makan berlebihan. Minum air yang cukup akan mencegah masalah ini. 

4. Peningkatan metabolisme. Metabolisme bisa meningkat hingga 25% saat kamu minum air saat perut kosong. Metabolisme yang lebih cepat akan membuat seluruh tubuhmu terasa lebih baik dan berenergi. 

5. Peningkatan energi. Selain dorongan energik dari peningkatan metabolismemu, minum air saat perut kosong juga meningkatkan jumlah sel darah merah. Sel-sel tambahan ini meningkatkan jumlah energi dalam tubuh.

Minum segelas air putih setelah bangun tidur (summitwater.co.id)

6. Sistem kekebalan tubuh yang ditingkatkan. Minum air saat perut kosong membantu menyeimbangkan sistem getah bening – bagian penting dari sistem kekebalan tubuhmu. Hal ini memudahkan tubuh melawan infeksi.

7. Lebih sedikit batu ginjal. Air mengencerkan asam di ginjal, sehingga lebih sedikit batu ginjal yang terbentuk. 

8. Usus dibersihkan. Minum air sebelum sarapan membantu melancarkan buang air besar setiap pagi. Hal ini dapat membantu mencegah bakteri berbahaya menumpuk. Ini juga membantu ususmu menyerap nutrisi lebih cepat. 

9. Peningkatan pembuangan racun. Minum banyak air akan membantumu mengeluarkan racun dari seluruh area tubuhmu. Ini akan membantu sistem kekebalan tubuh dan membuatmu merasa lebih baik secara keseluruhan. 

10. Mengurangi sakit maag. Minum air putih di pagi hari akan mengencerkan asam lambung dan membantumu mencerna makanan. 

11. Lebih sedikit sakit kepala. Dehidrasi biasanya menyebabkan sakit kepala. Dengan meminum air terlebih dahulu, kamu dapat mengurangi jumlah sakit kepala yang kamu alami. 

Kamu perlu minum air sepanjang hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memulai setiap hari dengan segelas air putih.

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur (pinterest.com)