Tetap Boikot! Berikut 5 Produk Israel yang Perlu Kamu Ketahui

Tetap Boikot! Berikut 5 Produk Israel yang Perlu Kamu Ketahui

Serangan yang dilakukan Israel kepada Palestina telah menyebabkan banyak nyawa yang tak bersalah hilang. Sebagai manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kita seharusnya tidak diam saja.

Banyak dari kita mungkin sudah melakukan donasi untuk membantu saudara kita yang ada di Palestina. Beberapa yang lain mungkin masih bingung ingin membantu lewat apa.

Jika kamu mengecam tindakan Israel dan ingin ikut ambil bagian menghentikan serangan ini, kamu bisa mulai dari memboikot produk-produk dari Israel. Berikut ini 5 produk Israel yang laris di Indonesia:

1. Jeruk Shantang

Gak nyangka, jeruk shantang yang biasa kita makan ternyata adalah salah satu jenis produk yang diimpor langsung dari Israel sejak tahun 2012 silam. Tercatat sudah ada puluhan ton jeruk yang masuk ke Indonesia. Nilai perdagangan tersebut juga sudah mencapai US$709.

2. Puma

Salah satu merek produk olahraga ini memang sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya, merek ini menjadi sponsor internasional tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA), sehingga perlu juga diboikot.

"Puma memberikan legitimasi internasional terhadap aktivitas IFA, salah satunya klub sepak bola yang berbasis di pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina," tulis BDS Movement.

"Dukungan Puma terhadap IFA secara langsung mendukung pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional di luar lapangan, serta memungkinkan rezim pemukiman Israel untuk terus berkembang," lanjut BDS Movement.

3. HP

Jeruk Shantang (asset.kompas.com)

Merek HP menyediakan dan mengoperasikan teknologi yang digunakan oleh Israel untuk menjaga sistem apartheid, pendudukan, dan kolonialisme pemukiman di atas rakyat Palestina. Selain itu, HP juga menyediakan Itanium servers eksklusif kepada Otoritas Penduduk dan Imigrasi Israel untuk sistem Aviv.

4. Taf Toys

Taf Toys adalah salah satu merek perlengkapan bayi yang juga ada di Indonesia. Merek tersebut memproduksi gendongan bayi, sabuk pengaman bayi, kereta bayi, mainan berbentuk mobil-mobilan untuk bayi, dan masih banyak yang lainnya.  

5. Ahava

Ahava merupakan produk kecantikan yang memiliki situs produksi, pusat kunjungan, dan toko utama di pemukiman Israel ilegal.

Itu tadi 5 produk dan merek yang bisa kamu boikot jika ingin memberikan dukungan ke Palestina.