Rekomendasi Jenis Musik yang Bisa Kamu Dengarkan Saat Sedang Belajar, Bisa Bantu Fokus dan Meningkatkan Daya Ingat!

Rekomendasi Jenis Musik yang Bisa Kamu Dengarkan Saat Sedang Belajar, Bisa Bantu Fokus dan Meningkatkan Daya Ingat!

Kamu harus belajar untuk ujian besok? Atau untuk presentasi penting di kantor? Atau menulis tugas esai dari dosenmu? Mungkin kamu bisa coba cara belajar sambil mendengarkan alunan musik untuk membantumu fokus!

Dalam hal belajar, jenis musik yang kamu dengarkan dapat berperan penting dalam berkonsentrasi. Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua jenis musik cocok untuk semua orang, jadi penting untuk menemukan genre atau playlist yang tepat yang sesuai dengan seleramu. 

Musik yang Bisa Didengarkan Saat Belajar

Berikut adalah beberapa contoh musik yang dapat membantumu belajar lebih baik:

1. Musik instrumental: Mendengarkan musik instrumental dapat membantumu lebih fokus dengan membebaskan bagian otak yang memproses bahasa, sehingga kamu dapat fokus pada membaca dan menulis.

2. Musik klasik, seperti piano atau organ karya Bach atau Beethoven, telah terbukti meningkatkan retensi informasi. Musik dengan ritme yang baik dapat membantu mempertahankan fokus dan tetap mengikuti alur,

3. Musik gim video dapat memberikan cukup banyak kebisingan latar belakang tanpa terlalu mengganggu. Musik seperti World of Warcraft, Skyrim, dan beberapa trek Witcher sangat bagus untuk didengarkan. Musik gim video dirancang untuk membantumu tetap terlibat dalam permainan, tetapi juga dapat membuatmu tetap fokus belajar.

Belajar sambil mendengarkan musik (highend-magazine.okezone.com)

4. Suara suasana. 

Menurut penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, suara suasana sekitar, yang terdiri dari rekaman lingkungan nyata seperti kedai kopi, perpustakaan, atau alam terbuka yang damai, dapat membantumu lebih fokus saat belajar dan meningkatkan kreativitas. Ini adalah cara yang terbukti secara ilmiah yang sering kali diabaikan.

Itu tadi 4 jenis musik yang bisa menemani kamu belajar. Semoga sukses ya ujian dan presentasinya! Semoga apa pun yang kamu pelajari bisa bermanfaat!

Playlist untuk menemani belajar (highend-magazine.okezone.com)