Jangan Dikupas! Ternyata Kulit Buah Kiwi Bisa Dimakan dan Kaya Akan Nutrisi

Jangan Dikupas! Ternyata Kulit Buah Kiwi Bisa Dimakan dan Kaya Akan Nutrisi

Buah kiwi adalah buah asam manis yang bergizi. Mereka seukuran telur ayam, dengan kulit coklat berbulu halus, daging hijau cerah atau kuning, biji hitam kecil dan inti putih lembut.

Meskipun banyak orang menyukai kiwi, ada beberapa kontroversi mengenai apakah kulitnya boleh dimakan atau tidak. Secara teknis, kulitnya bisa dimakan dan bahkan mengandung banyak nutrisi. Penasaran apa saja kandungan nutrisi pada kulit buah kiwi? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Serat: Nutrisi penting ini memberi makan bakteri baik yang hidup di usus kita. Diet tinggi serat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Folat: Folat adalah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pembelahan sel, dan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan.

3. Vitamin E: Vitamin yang larut dalam lemak ini memiliki sifat antioksidan yang kuat. Ini membantu menjaga sel tubuh kita tetap sehat dengan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Mengonsumsi kulit kiwi dapat meningkatkan kandungan seratnya sebesar 50%, meningkatkan folat sebesar 32%, dan meningkatkan konsentrasi vitamin E sebesar 34%, dibandingkan dengan hanya memakan dagingnya saja (6).

Karena banyak orang tidak mengonsumsi cukup nutrisi ini dalam makanannya, mengonsumsi kiwi dengan kulitnya adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan asupannya.

Buah kiwi yang belum dikupas (tokopedia.com)