8 Cara Cegah Munculnya Garis-Garis Halus di Wajah

8 Cara Cegah Munculnya Garis-Garis Halus di Wajah

Tidak ada salahnya memiliki kerutan. Beberapa garis wajah dapat terlihat menawan dan menambah karakter pada wajah. Namun bukan rahasia lagi bahwa banyak dari kita lebih memilih untuk mengendalikannya.

Tanpa intervensi medis atau bedah, akan sulit untuk membalikkan munculnya kerutan setelah kamu memilikinya. Namun ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil dan perubahan gaya hidup yang dapat kamu lakukan untuk memperlambat kemunculannya. Berikut 8 cara yang terbukti dapat membantu mencegah kerutan muncul lebih cepat dari seharusnya:

1. Lindungi diri Anda dari sinar matahari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa paparan sinar matahari dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Menurut sebuah penelitian tahun 2013, penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang merusak, sangat penting untuk menggunakan SPF antara 30 dan 50 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Sinar UV masih bisa menembus awan, jadi jangan melewatkan tabir surya hanya karena cuaca tidak cerah.

2. Gunakan retinoid

Retinoid, yang berasal dari vitamin A, adalah salah satu bahan anti penuaan yang paling banyak dipelajari. Kadang-kadang disebut sebagai retinol, retinoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen, yang membantu mengencangkan kulit. Retinoid juga mendorong regenerasi kulit dan mendorong pembentukan pembuluh darah baru, yang dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

3. Gunakan Pelembab

Pelembab bertindak seperti minuman air untuk wajah. Pelembab membantu menutrisi dan menghidrasi kulit. Hal ini sangat penting seiring bertambahnya usia dan kulit menjadi lebih kering, sehingga lebih rentan terhadap kerutan. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat dan vitamin C sangat efektif mencegah terbentuknya atau bertambahnya kerutan.

4. Tetap terhidrasi

Minum air sangat penting untuk kesehatan. Tubuh kita membutuhkan air untuk hampir setiap fungsi yang dilakukannya. Selain fungsi vital seperti membuang racun dari tubuh, membantu pencernaan, dan mengatur suhu tubuh, air juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dari dalam.

Jumlah sunscreen yang seharusnya dipakai (kompas.com)

5. Makan makanan kaya vitamin

Menurut penelitian, wanita yang pola makannya banyak mengonsumsi daging merah dan camilan tidak sehat cenderung memiliki lebih banyak kerutan di wajah dibandingkan wanita yang mengonsumsi lebih banyak buah dalam pola makannya.

Makanan yang kaya akan sifat anti-inflamasi atau antioksidan juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi dari kerusakan kulit dan penuaan dini. Beberapa makanan dan minuman dengan kualitas tersebut antara lain:

-teh hijau

-minyak zaitun

-ikan 

-alpukat

-buah delima

-biji rami

-sayuran, terutama wortel, labu kuning, sayuran hijau, paprika, dan brokoli

6. Tidur telentang

Menurut sebuah penelitian tahun 2016, posisi tidurmu mungkin berpengaruh pada pembentukan kerutan. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang tidur miring atau tengkurap rentan terhadap tekanan mekanis yang dapat mempercepat pembentukan kerutan, dan juga merusak kulit wajah. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mencoba tidur telentang, bukan miring atau tengkurap.

7. Jangan merokok

Asap tembakau merusak kolagen dan elastin, serat yang memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit. Selain itu, nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini mengurangi aliran darah ke kulitmu. Akibatnya, kulitmu tidak mendapat banyak oksigen. Ini juga akan membatasi nutrisi penting, seperti vitamin A, yang masuk ke kulitmu.

Jadi gimana ges, mau aging dengan cepat atau menunda dulu nih? Hehehe

Banyak minum air putih bisa mencegah kerutan di wajah (health.kompas.com)