Sebaiknya Keramas Itu Dilakukan Berapa Kali dalam Seminggu? Begini Penjelasan Pakar

Sebaiknya Keramas Itu Dilakukan Berapa Kali dalam Seminggu? Begini Penjelasan Pakar

Frekuensi mencuci rambut atau keramas biasanya berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang melakukannya setiap hari, dua hari sekali atau bahkan seminggu 2 kali saja. Namun sebenarnya, berapa kali sih kita perlu melakukan keramas dalam seminggu khususnya untuk wanita?

Sebenarnya, setiap orang punya jumlah waktu yang berbeda-beda karena semua tergantunng dari jenis dan kondisi rambut. Namun ternyata, mencuci rambut setiap hari juga tidak baik lho. Karena bisa merusak minyak alami pada rambut yang fungsinya untuk melembabkan.

"Keramas terlalu sering dapat membuat rambut kering dan rapuh serta menyebabkan iritasi pada kulit kepala," kata Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, seperti dikutip dari TODAY.

Wanita dengan kulit kepala sensitif harus lebih berhati-hati. "Terpapar deterjen dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala," kata Zeichner. "Bagi sebagian orang, terlalu sering mencuci rambut dapat menyebabkan ruam dan gatal." Namun, ada beberapa kasus di mana wanita perlu keramas setiap hari. Berikut ini ada beberapa panduan untuk keramas rambut untuk wanita dalam seminggu.

1. Jenis rambut

Untuk kamu yang punya rambut keriting, disarankan untuk keramas 1-2 kali dalam seminggu. Sebab rambut keriting punya tipe rambut yang mudah rapuh sehingga jika dilakukan keseringan, bisa berbahaya.

Lalu untuk jenis rambut normal umumnya cukup dilakukan selama 2-3 kali seminggu. Hal ini penting supaya kesehatan rambut dan minyak alami kulit kepala bisa terus terjaga. Sedangkan jika kamu punya rambut berminyak, sebaiknya keramas dua hari sekali agar kulit kepala tidak memproduksi sebum yang berlebihan.

2. Pola hidup

Selain melihat kondisi atau tipe rambut, kamu juga perlu mempertimbangkan aktivitas harianmu seperti apa. Bila kamu sering berkeringat karena berolahraga, maka melakukan keramas perlu rutin dilakukan. 

Kamu juga harus melihat kondisi rambutmu apakah sedang berdebu, berminyak atau pernah terpapar bahan kimia sehingga penting untuk lebih intens keramas dalam seminggu.

3. Kondisi kulit kepala

Bila perlu, kamu bisa konsultasikan kondisi rambutmu kepada dermatolog atau ahli rambut jika punya tipe kulit sensitif dan berketombo. Biasanya nanti kamu akan diberikan sampo khusus serta bagaimana cara pencuciannya yang tepat.

Ilustrasi orang keramas (via freepik)