Hati-hati Selingkuh Batin, Begini Tanda dan Cara Mencegahnya

Hati-hati Selingkuh Batin, Begini Tanda dan Cara Mencegahnya

Selingkuh ternyata tak selalu berhubungan dengan adanya kontak fisik dengan orang lain selain pasangan sendiri. Tapi juga keterikatan emosional yang juga berbahaya jika terjadi terus menerus.

Selingkuh batin itu sendiri diartikan ketika seseorang punya ikatan emosional dengan orang lain yang bisa mengancam hubungannya dengan pasangannya. 

Dan menurut laman Very Well Mind, selingkuh batin bisa memicu perasaan seseorang seperti ditipu, dikhianati dan dibohongi.

Lalu, apa yang menyebabkan adanya perselingkuhan batin? 

1. Terlalu dekat dengan lawan jenis

Menurut psikolog dan pemilik Kentlands Psychotherapy, Elizabeth Carr, perselingkuhan ini biasanya terjadi melalui hubungan persahabatan dengan lawan jenis. Ketika sering membagikan masalah pribadi, biasanya orang tersebut akan merasa nyaman serta mampu memberikan dukungan emosional yang lebih.

2. Komunikasi yang lemah dengan pasangan

Penyebab lainnya adalah komunikasi yang buruk terhadap pasangan. Biasanya mereka sulit bertukar pikiran dan kerap mengalami kesalahpahaman. Akibatnya, salah satu dari mereka nantinya akan mencari orang lain untuk bercerita.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatsasinya? Yang pertama, pastikan kamu punya komunikasi yang matang dengan pasangan. Dan berjanjilah jika kamu hanya akan berkomitmen kepadanya.

Lalu, tidak ada salahnya jika kamu menetapkan batasan soal hubungan pertemanan pasanganmu dengan orang lain. Jangan sampai pasanganmu bisa melakukan perilaku yang tidak pantas ke temannya sendiri. 

Dan terakhir, perselingkuhan batin umumnya terjadi jika kamu jarang menghabiskan waktu bersama pasangan. Maka itu, sempatkanlah untuk quality time agar hubunganmu semakin kuat.

Ilustrasi seseorang sedang fokus balas chat (via freepik)