Ternyata, Air Cucian Beras Punya Segudang Manfaat untuk Wajah dan Rambut, Ini Penjelasannya

Ternyata, Air Cucian Beras Punya Segudang Manfaat untuk Wajah dan Rambut, Ini Penjelasannya

Biasanya sebelum memasak nasi, kita kerap mencuci beras terlebih dahulu hingga beberapa kali. Namun tahukah kamu, bahwa sebaiknya air sisa cucian beras tidak perlu dibuang begitu saja? Sebab, air cucian beras ini punya banyak sekali manfaat untuk wajah dan rambut. Berikut penjelasannya.

1. Sebagai anti-aging

Menurut sebuah studi, air beras bisa mengurangi aktivitas elastase, yaitu sebuah enzim yang bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit. Maka itu, kamu bisa memakai air cucian beras untuk menjadi pencegahan penuaan dini pada kulit. Selain itu, air cucian beras juga mengandung inositol sehingga bisa menghaluskan kerutan pada kulit.

2. Mengatasi kulit kering

Kalau kulit wajahmu kering karena sering terpapar kandungan Sodium lauryl sulfate atau SLS pada produk kecantikan, maka kamu bisa lho memakai air beras untuk menangani kulitmu yang kering.

3. Mengatasi rambut rusak

Sebuah studi mengatakan jika air cucian beras mengandung antioksidan tinggi yang berbentuk askorbat dan vitamin C. Maka itu, kamu bisa memakainya untuk mengatasi kondisi rambut rusak, seperti kering atau bercabang.

4. Mencerahkan kulit

Sudah banyak skincare di pasaran yang memakai bahan dari air beras. Sebab, air beras memang diyakini bisa mencerahkan kulit, hingga menghilangkan noda hitam.

5. Mengatasi ketombe

Fermentasi dari air beras bisa menghambat pertumbuhan jamur. Jadi, kamu bisa mendiamkan air berasbeberapa hari hingga timbul bakteri Bacillus cereus yang menghasilkan antibiotik zwittermicin A dan kanosamine. Zat antibiotik ini dipercaya bisa menghalangi tumbuhnya Malassezia furfur yang jadi penyebab ketombe.

Ilustrasi kerutan pada wajah (via freepik)