Ternyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar, Kamu Sudah Benar Belum?

Ternyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar, Kamu Sudah Benar Belum?

Menyikat gigi adalah cara paling mudah untuk merawat gigi. Dengan menyikat gigi, kamu bisa menghilangkan plak dan bakteri yang terus-menerus terbentuk di gigi dan di sekitar garis gusi. Jika tidak dibersihkan secara teratur, plak dapat menyebabkan gigi berlubang, kerusakan gigi, dan bahkan penyakit periodontal. 

Namun, menyikat gigi juga tak bisa asal-asalan. Kamu harus melakukan teknik menyikat gigi yang benar agar dapat melindungi gigi dari kerusakan dan penyakit. Nah, berikut ini langkah-langkah menyikat gigi yang benar:

Langkah 1: Mulailah dengan permukaan luar gigi. Tidak usah buru-buru! Sikat gigi atas dan bawah dengan lembut. Melakukannya secara menyeluruh dapat membantumu memperlambat dan tidak melewatkan satu titik pun.

Langkah 2: Miringkan sikat pada sudut 45°. Sikat pada garis gusi untuk menghilangkan plak atau sisa makanan yang terperangkap. Gerakkan sikat secara perlahan maju mundur menggunakan sapuan pendek selebar gigi.

Langkah 3: Sikat permukaan bagian dalam gigi. Karena bagian dalam gigi tidak begitu terlihat, kamu mungkin tergoda untuk melewatkannya –tetapi permukaan bagian dalam ini juga rentan terhadap plak. Gunakan sudut 45° untuk menyikat maju mundur untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi.

Langkah 4: Bersihkan permukaan kunyah gigi. Jangan lupa gunakan gerakan pendek maju mundur untuk menyikat bagian atas gigi belakang, karena makanan mudah tersangkut.

Langkah 5: Sikat lidah. Agar nafas lebih segar, sikat lidah untuk menghilangkan bakteri penyebab bau.

Nah, itu tadi beberapa tahapan cara menyikat gigi yang benar. Gimana, selama ini sudah benar belum ges?

Urutan menyikat gigi yang benar (sodental.com.au)