3 Cara Mengatur Napas untuk Mengatasi Rasa Cemas, Langsung Terapkan Aja Deh

Sering merasakan cemas berlebihan? Kalo kamu ingin mengatasi rasa cemas itu, yuk terapkan 3 cara mengatur napas di bawah.

Sudah bukan rahasia lagi kalo kecepatan hidup seakan-akan bertambah. Setiap hari, kita selalu menemui hal yang baru. Satu berita yang viral hari ini, bisa terkubur lalu terlupakan satu minggu kemudian.

Dalam kehidupan macam itu, gak jarang sering membuat diri ini merasa cemas berlebihan. Terlalu banyak memikirkan masa depan, dan khawatir bahwa apa yang dilakukan saat ini gak bakal mengubah apapun untuk kehidupan yang bakal kamu jalani mendatang.

Kalo sudah begitu, mendingan scrolling ke bawah aja deh. Ada satu langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk sejenak mengistirahatkan pikiran dan kata-kata. Cara itu yakni dengan memperhatikan nafas.

Tentang nafas

Pada hakikatnya, nafas adalah pertahanan awal dan akhir terhadap kecemasan. Itulah mengapa banyak dokter selalu merekomendasikan latihan nafas untuk relaksasi, manajemen stress dan mengatur kondisi tubuh yang disebabkan oleh stress.

Merasa cemas (sbs.com.au)

Menurut penelitian para pakar kesehatan, macam-macam teknik latihan pernapasan bisa memberikan beragam manfaat. Di antaranya adalah meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan juga meredakan ketegangan dalam pikiran seperti panik dan cemas.

Jadi, untuk mengatasi rasa cemas, yang harus kamu lakukan adalah mulai memperhatikan caramu bernapas. Biar lebih lengkap, simak keterangan di bawah, ya.

3 cara mengatur napas

Ada banyak langkah untuk latihan pernapasan yang bisa kamu praktikkan sendiri. Namun, kalo kamu ingin mendapatkan keuntungan maksimal, yang pertama harus kamu ketahui adalah trik kunci untuk menjalani latihan itu. 

Latihan napas (walkingontravels.com)

Yang pertama dapat kamu coba untuk lebih memperhatikan napasmu. Saat kita memperhatikan napas, secara tidak langsung, juga membantu kita untuk mengalihkan perhatian dari pikiran negatif. 

Yang kedua adalah bernafas dengan tenang dan berirama. Penyebab utama kecemasa adalah proses bernapas yang berlebihan. Untuk melawannya, yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengatur napasmu dan berikan irama tertentu. Biar muda, bisa kamu sesuai kan dengan detak jam di dinding, kok.

Latihan pernapasan (acefitness.org)

Cara bernapas untuk mengatasi rasa cemas yang ketiga adalah dengan mengambil napas yang dalam. Rasa cemas seringkali membuat kita bernapas secara tersengal-sengal. Padahal hal ini buruk untuk kesehatan, mengakibatkan berkurangnya jumlah karbon dioksida (CO2) yang ada di dalam paru-paru.

Jadi, saat cemas berlebihan melanda, coba deh untuk mengambil napas dalam dan berikan irama. Kalo bisa, gunakan jenis pernapasan perut. Dijamin, pikiran bakal lebih tenang. 

Merasa cemas (flickr.com)