Istilah 'No Sugar' Apakah Benar-Benar Gak Boleh Pakai Gula? Begini Penjelasannya

Istilah 'No Sugar' Apakah Benar-Benar Gak Boleh Pakai Gula? Begini Penjelasannya

Saat ini, muncul tren 'no sugar' yang banyak dilakukan pada orang-orang yang sedang menjalankan diet sehat. Diet ini bertujuan untuk menghilangi asupan gula atau tidak mengkonsumsinya sama sekali. Namun, apakah benar demikian?

Faktanya, no sugar gak berarti kita tak bisa mengkonsumsi gula sama sekali. Menurut laman Verywell Fit, diet ini merupakan cara untuk membatasi asupan gula dalam sehari.

Jadi gak masalah kok kalau masih mau mengkonsumsi makanan atau buah yang manis. Diet gula ini bertujuan untuk mengatur asupan gula, bukan tidak mengkonsumsi gula sama sekali. Makanan yang harus dibatasi, seperti permen, soda, kue, dan makanan sejenisnya.

Kalau menurut gizi klinik dr Davie Muhamad, SpGK, gula memang semestinya dibatasi jika ingin punya kehidupan yang sehat. 

"Kalau tujuannya untuk sehat, asupan gulanya harus dibatasi per hari. Tapi, kalau tujuannya untuk diet, itu sebenarnya masih bisa juga karena sebenarnya gula itu isinya glukosa. Glukosa itu adalah bentuk sederhana dari karbohidrat," kata dr Davie.

Ia juga mengatakan kalau beberapa jenis makanan seperti nasi, ubi, kentang, juga sudah memiliki kandungan gula yang nantinya diubah menjadi energi. Jadi, kamu gak perlu lagi menambahkan pemanis yang lain, apalagi gula buatan.

"Itu yang menyebabkan peningkatan berat badan atau peningkatan massa lemak," ujarnya.

Ilustrasi mengkonsumsi gula (via freepik)