Selama ini, pengalaman refund kopian video gim dari Epic Games Store tidak pernah terasa menyenangkan sejak platform tersebut diluncurkan. Misalkan seseorang hanya bisa meminta dua pengembalian uang dalam satu tahun penuh (meskipun tidak dibatasi jam bermain), dan ia harus menyerahkan rincian seperti alamat IP agar uang kembali.
Menurut staff Epic, Sergey Galyonkin, perusahaan telah memperbarui kebijakan pengembalian dana untuk memungkinkan pengembalian uang tanpa batas selama mereka dalam waktu 14 hari setelah pembelian dan dengan waktu bermain kurang dari dua jam.
Seharusnya lebih mudah dari sekarang, setidaknya. Tetapi seseorang tetap masih harus mengajukan permintaan support dari perusahaan untuk saat ini (ada opsi "self service" yang akan datang), tetapi tidak lagi harus memberikan sekumpulan informasi selama pengembalian dana memenuhi kriteria.
Jika kebijakan ini terdengar familier, seharusnya begitu pasalnya jendela waktu yang disyaratkan sama dengan kebijakan pengembalian uang dari Steam. Galyonkin kemudian menambahkan bahwa ia lebih suka dengan peraturan awal, karena "kebanyakan orang" tidak mengembalikan gim lebih dari dua judul per tahun sedangkan masalah di beberapa gim tidak muncul sebelum permainan mencapai waktu dua jam.
Perusahaan beralih karena "terlalu sulit untuk berkomunikasi" menggunakan aturan yang lama, menurutnya. Tentu saja, pendekatan ini juga membuat seseorang tidak beruntung jika ia memang membutuhkan pengembalian dana ketiga kalinya dalam setahun. Dan kemungkinan tidak akan menyenangkan regulator yang menginginkan opsi pengembalian dana yang konsisten.
Epic Games Store (windowscentral.com)
Perubahan kebijakan terjadi tak lama setelah keluhan tentang kualitas tim support dari Epic (sebagian besar muncul sebelum Games Store), meskipun tidak diyakini bahwa perubahan ini karena sebagai tanggapan atas masalah tersebut. Better Business Bureau telah memberi Epic simbol "F" karena diduga mengabaikan sebagian besar keluhan BBB pada 2018, termasuk pengembalian uang dan masalah pertukaran.
Pengembang merujuk perselisihan itu kepada tim support untuk pemainnya, tetapi ada juga pertanyaan terkait objektivitas BBB. Mereka hanya memberikan akreditasi kepada perusahaan yang membayar biaya tahunannya, dan Epic bukan salah satunya. Sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah Epic telah lalai seperti yang diklaim, dan kebijakan pengembalian uang barunya mungkin secara tidak langsung mengatasi beberapa kekhawatiran tersebut.
Epic Games Store (variety.com)