Ingin Rambut Cepat Panjang? Coba Lakukan 5 Tips Ini di Rumah

Ingin Rambut Cepat Panjang? Coba Lakukan 5 Tips Ini di Rumah

Pertumbuhan rambut setiap orang biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti gen, pola makan, perawatan dan lingkungan. 

Nah, kalo kamu ingin rambutmu cepat panjang dan lebat, ada beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah, lho. Berikut diantaranya.

1. Konsumsi Vitamin

Pertumbuhan rambut jelas dipengaruhi dengan apa yang kita konsumsi. Rambut sendiri itu terdiri dari protein yang disebut keratin.

Makanya, kalo kamu ingin cepat tumbuh lebat, kamu bisa mengkonsumsi banyak protein seperti ikan, telur, daging tanpa lemak. Kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin A,C, D,E dan zinc maupun zat besi.

2. Perawatan Kulit Kepala

Kamu juga perlu melakukan perawatan kulit kepala dengan memberikan pijatan di kepala sehingga sirkulasi darah bisa berjalan lancar.

"Dua lapisan kulit terpenting dalam kaitannya dengan kulit kepala adalah dermis dan epidermis. Dermis berisi folikel rambut, kelenjar, saraf, pembuluh darah, kolagen, serta sel lemak. Perawatan kulit kepala yang tepat akan mempengaruhi laju pertumbuhan dan kesehatan rambut," papar Bridgette Hill selaku trichologist dan colorist di Paul Labrecque Salon and Skincare Spa.

Peningkatan aliran darah ke folikel rambut bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut jadi lebih cepat dan kuat.

3. Bilas Air Dingin

Ilustrasi orang konsumsi vitamin (via freepik)

Bilas rambut setelah keramas pakai air dingin merupakan salah satu cara mempercepat pertumbuhan rambut.

"Air dingin membuat lapisan luar rambut lebih halus, mencegah hilangnya kelembapan, hingga kerusakan akibat panas. Bilas rambut dengan air dingin selama beberapa detik, satu langkah ekstra ini bisa membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu," ujar Mark Townsend selaku Penata rambut selebriti Hollywood.

4. Hindari Stres

Stres tentu menjadi penyeba dari kerontokan rambut serta pertumbuhan rambut yang lambat. Saat kamu stres, otomatis hormon kortisol yang mengganggu siklus pertumbuhan rambut akan meningkat. Maka itu, kamu perlu menghindari stres berlebih supaya rambut kamu bisa tumbuh cepat.

5. Pakai Suplemen Rambut

Terakhir adalah konsumsi suplemen rambut seperti vitamin B7. Vitamin B7 atau biasa dikenal dengan istilah biotin dapat merangsang  pertumbuhan keratin dan menignkatkan laju pertumbuhan rambut.

Ilustrasi orang keramas (via freepik)