7 Manfaat Mengajarkan Anak Bela Diri Sejak Dini, Aybun Wajib Tahu!

7 Manfaat Mengajarkan Anak Bela Diri Sejak Dini, Aybun Wajib Tahu!

Dunia ini terus menjadi tempat yang berbahaya, baik secara fisik maupun mental. Anak-anak termasuk yang paling rentan karena masalah besar yang berkaitan dengan perundungan atau bullying.

Perundungan datang dalam berbagai bentuk, baik fisik, verbal, atau sosial. Itu bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Perlu diketahui, anak-anak rentan terhadap perilaku yang dapat terjadi di sekolah, online, atau dalam bentuk lainnya.

Berbagai masalah dapat timbul akibat perundungan di kemudian hari. Termasuk masalah harga diri dan kesehatan mental.

Lalu, bagaimana cara kita mempersiapkan anak? Di sinilah pentingnya mengajarkan anak bela diri sejak dini. Berikut beberapa manfaat penting mengajarkan seni bela diri ke anak:

1. Fokus pada Pertumbuhan Pribadi

Salah satu manfaat seni bela diri adalah fokusnya pada pertumbuhan sebagai pribadi. Dibandingkan dengan olahraga lain, seni bela diri tidak bergantung pada usaha tim. Beban “mengecewakan tim” tidak terlalu membebani mereka, terutama pada anak-anak.

2. Mengajarkan Solusi Lembut

Bertentangan dengan anggapan umum, mengajari anak-anak bela diri tidak membuat mereka menjadi kasar atau agresif. Sebaliknya, hal ini mengajarkan mereka solusi yang lembut terhadap permainan kasar dan intimidasi. Sistem pertahanan diri yang baik akan menekankan penggunaan suara dan tindakan tanpa kekerasan untuk melindungi ruang pribadi.

3. Mengajarkan Disiplin dan Menghargai

Anggota Satgas Pamtas latih bela diri karate anak-anak di desa Daulasi Kabupaten Malaka (kupang.tribunnews.com)

Kelas bela diri untuk anak menanamkan dua aspek penting dalam pengembangan diri. Salah satunya adalah disiplin diri. Aspek lainnya adalah rasa hormat, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Seni bela diri membuka jalan ini karena mengajarkan tanggung jawab dalam bertindak. 

4. Meningkatkan Aspek Kehidupan Lainnya

Yang disebutkan sebelumnya adalah aspek peningkatan diri. mengajarkan bela diri tidak terbatas pada pembelajaran dan penguasaan teknik saja, melainkan meluas lebih jauh ke aspek kehidupan lainnya.

Bagi anak-anak, hal ini juga berdampak pada prestasi akademis mereka, di mana mereka memperoleh fokus dan disiplin baru dalam belajar. Hal ini juga meningkatkan perilaku mereka melalui komunikasi dan penyelesaian tanpa kekerasan.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Anak-anak berlatih taekwondo (beladirianakjakarta.com)

Apa pun jenisnya, seni bela dirimenanamkan rasa percaya diri. Mempelajari keterampilan baru akan membuat anak-anak lebih bersemangat. Hal yang baik tentang hal ini adalah meningkatkan harga diri mereka saat mereka menguasai hal-hal baru.

6. Membantu Meningkatkan Kebugaran Fisik dan Koordinasi

Aspek lain dari bela diri memberi anak-anak kesempatan untuk kebugaran fisik. Kelas bela diri membuka banyak kesempatan bagi anak-anak untuk memiliki tubuh yang lebih sehat. Di antara latihan-latihan ini melibatkan peningkatan keterampilan motorik kasar dan halus. Mereka mencapainya melalui latihan-latihan yang diajarkan.

7. Mengajarkan Kesadaran akan Bahaya

Dengan bela diri, anak-anak juga belajar menggunakan indra mereka agar mampu menghindari bahaya. Mereka belajar menggunakan mata dan telinga mereka untuk menyadari keadaan di sekitar mereka. Ini adalah salah satu aspek kelas bela diri yang dapat diasah dan dipertajam oleh anak-anak.

Nah, itu tadi 7 manfaat mengajarkan bela diri pada anak sejak usia dini. Gimana aybun, tertarik untuk mengajari anak bela diri?

Perguruan pencak silat Satria Jamantara (bandung.go.id)