Baru Mulai Belajar Yoga? Berikut 7 Gerakan untuk Kamu yang Newbie

Baru Mulai Belajar Yoga? Berikut 7 Gerakan untuk Kamu yang Newbie

Tidak harus menjadi seorang yogi atau yogini untuk mendapatkan manfaat yoga. Entah kamu tua atau muda, kelebihan berat badan atau bugar, yoga memiliki kekuatan untuk menenangkan pikiran dan menguatkan tubuh. Jangan terintimidasi oleh terminologi yoga, studio yoga yang mewah, dan pose yang rumit. Yoga itu untuk semua orang.

Jika kamu baru saja ingin mulai melakukan yoga, berikut ini 10 gerakan yoga untuk pemula yang bisa kamu praktikkan di rumah. Simak ya!

1. Child Pose (Balasana)

Pose menenangkan ini adalah posisi jeda standar yang baik. Kamu dapat menggunakan pose ini untuk beristirahat dan fokus kembali sebelum melanjutkan ke pose berikutnya. Gerakan lembut ini berfungsi meregangkan punggung bagian bawah, pinggul, paha, lutut, dan pergelangan kaki serta melemaskan tulang belakang, bahu, dan lehermu.

Lakukan: Ketika kamu ingin mendapatkan peregangan lembut yang bagus melalui tulang belakang leher dan pinggul.

Lewati saja: Jika kamu mengalami cedera lutut atau masalah pergelangan kaki. Hindari juga jika kamu memiliki tekanan darah tinggi atau sedang hamil.

2. Downward-Facing Dog (Adho Mukha Svanasana)

Gerakan Anjing yang menghadap ke bawah dapat memperkuat lengan, bahu, dan punggung sambil meregangkan paha belakang, betis, dan lengkungan kaki. Gerakan ini juga dapat membantu meredakan sakit punggung.

Lakukan: Untuk membantu meredakan nyeri punggung.

Lewati saja: Pose ini tidak disarankan jika Anda memiliki carpal tunnel syndrome atau masalah pergelangan tangan lainnya, memiliki tekanan darah tinggi atau berada di tahap akhir kehamilan.

3. Plank Pose (Utihita Chaturangga Dandasana)

Contoh child pose (sralab.org)

Plank membantu membangun kekuatan pada bagian inti, bahu, lengan, dan kaki.

Lakukan: Pose papan bagus jika kamu ingin mengencangkan perut dan membangun kekuatan di tubuh bagian atas.

Lewati saja: Hindari pose ini jika kamu menderita 'carpal tunnel syndrome'. Mungkin sulit di pergelangan tangan. Kamu juga dapat melewatkannya atau memodifikasinya jika menderita nyeri punggung bawah.

4. Four-Limbed Staff Pose 

Variasi push-up ini mengikuti pose plank dalam rangkaian yoga umum yang dikenal sebagai salam matahari. Ini adalah pose yang baik untuk dipelajari jika pada akhirnya kamu ingin mengerjakan pose yang lebih maju, seperti keseimbangan lengan.

Lakukan: Seperti plank, pose ini memperkuat lengan dan pergelangan tangan serta mengencangkan perut.

Lewati saja: Jika kamu menderita 'carpal tunnel syndrome', nyeri punggung bawah, cedera bahu, atau sedang hamil.

5. Cobra Pose (Bhujangasana)

Contoh plank pose (gaia.com)

Pose membungkuk ke belakang ini dapat membantu memperkuat otot punggung, meningkatkan kelenturan tulang belakang, dan meregangkan dada, bahu, dan perut.

Lakukan: Poseini bagus untuk memperkuat punggung.

Lewati saja: Jika Anda menderita radang sendi di tulang belakang atau leher, cedera punggung bawah, atau sindrom carpal tunnel.

6. Tree Pose (Vriksasana)

Selain membantu meningkatkan keseimbangan tubuhmu, pose ini juga dapat memperkuat inti, pergelangan kaki, betis, paha, dan tulang belakang.

Lakukan: Bagus untuk melatih keseimbangan dan postur tubuh.

Lewati saja: Jika kamu memiliki tekanan darah rendah atau kondisi medis apa pun yang memengaruhi keseimbangan.

7. Bridge Pose (Setu Bandhasana)

Pose menekuk punggung yang meregangkan otot dada, punggung, dan leher ini dapat membangun kekuatan di otot punggung dan hamstring.

Lakukan: Jika kamu sudah duduk hampir sepanjang hari, pose ini akan membantumu membuka dada bagian atas.

Lewati saja: Hindari pose ini jika kamu mengalami cedera leher.

Itu tadi 7 Pose yoga yang cocok untuk dilakukan pemula. Selamat mencoba! 

Bridge pose (arhantayayoga.org)