Jangan Langsung Dimasak! Berikut 4 Alasan Kenapa Kita Perlu Merendam Beras dalam Air Selama Beberapa Jam

Jangan Langsung Dimasak! Berikut 4 Alasan Kenapa Kita Perlu Merendam Beras dalam Air Selama Beberapa Jam.

Apakah kamu pernah merasa lesu atau mengantuk setelah makan nasi dalam porsi besar? Nah, itu artinya kamu perlu coba merendam beras dulu dalam air beberapa jam sebelumnya!

Merendam beras dalam air beberapa jam sebelum menyiapkan makanan dapat membantumu terhindar dari lonjakan gula. Studi yang dilakukan pada makronutrien menunjukkan bahwa triptofan, asam amino, merupakan kunci neurotransmitter dan prekursor untuk pelepasan serotonin dan melatonin.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi meningkatkan rasio triptofan dalam tubuh kita terhadap sejumlah besar asam amino netral dalam darah. Peningkatan glukosa memicu pelepasan insulin dari pankreas, membantu transportasi triptofan di otak dan meningkatkan rasa kantuk.

Berikut ini 4 alasan lainnya kenapa kamu perlu merendam beras dulu beberapa jam di dalam air:

1. Meningkatkan Kecernaan

Saat nasi direndam dalam air, enzim memecah karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana dan membuatnya lebih mudah dicerna. Proses ini mengurangi kembung dan ketidaknyamanan di tubuhmu serta menyerap nutrisi dengan cara yang efisien, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Perendaman beras membantu memecah antinutrien seperti fitat dan tanin yang dapat mempercepat penyerapan nutrisi. Perendaman juga meningkatkan ketersediaan hayati vitamin dan mineral dan memastikan kamu mendapatkan nilai gizi darinya.

3. Menghasilkan Nasi yang Lebih Pulen

Merendam beras beberapa jam sebelum dimasak dapat mengurangi kadar gulanya (grid.id)

Jika kamu benci makan ketan, merendam beras ketan yang dapat menghilangkan kelebihan pati dan membuatnya lebih pulen dan agak lengket serta meningkatkan tekstur dan penampilan nasi. Agar nasi lebih sehat dan nikmat, merendam adalah salah satu pilihan utama.

4 Mengurangi Waktu Memasak

Merendam beras dalam air mengurangi kekerasan butiran beras dan membuatnya lebih lembut. Ini menghemat uang saat memasak dan melindungi nutrisi yang mungkin hilang selama memasak dalam waktu lama. Ini adalah pilihan bagus untuk makanan sehari-hari.

Jadi, untuk manfaat yang luar biasa ini, yuk mulai sekarang rendam dulu berasnya dalam air selama beberapa jam sebelum dimasak!

Semangkuk nasi pulen yang nikmat dan sehat (era.id)