Berikut Tips Mengukur dan Mengontrol Ukuran Porsi Makan Agar Tidak Overeating

Berikut Tips Mengukur dan Mengontrol Ukuran Porsi Makan Agar Tidak Overeating

Obesitas adalah penyakit yang semakin berkembang, karena semakin banyak orang yang berjuang untuk mengendalikan berat badan mereka.

Peningkatan ukuran porsi diperkirakan menjadi alasan mengapa seseorang makan secara berlebihan dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Seseorang cenderung memakan hampir semua makanan yang mereka sajikan sendiri. Oleh karena itu, mengontrol jumlah porsi dapat mebantu mencegah mengonsumsi berlebihan.

Berikut ini tips-tips untuk mengukur dan mengontrol jumlah porsi baik di rumah maupun saat bepergian

1. Gunakan Peralatan Makan yang Lebih Kecil

Beberapa studi menunjukkan bahwa ukuran piring, sendok, dan gelas secara tidak sadar dapat memengaruhi seberapa banyak makanan yang dimakan seseorang. Misalnya, menggunakan piring besar dapat membuat makanan tampak lebih kecil sehingga sering kali menyebabkan makan secara berlebihan.

Oleh karena itu, mengganti piring, mangkuk, atau sendok yang biasa kamu gunakan dengan piring lain yang lebih kecil dapat mengurangi dan mencegah makan berlebihan. Kebanyakan orang merasa kenyang setelah makan dari piring kecil sama seperti dari piring besar. 

2. Gunakan Piring sebagai Panduan Porsi

Jika mengukur atau menimbang makanan tidak begitu menarik buat kamu, coba gunakan piring atau mangkuk kamu sebagai panduan mengontrol porsi. Karena sayuran dan salad secara alami rendah kalori tetapi tinggi serat dan nutrisi lainnya, mengonsumsi makanan ini dapat membantu kamu menghindari makan makanan padat kalori secara berlebihan.

3. Minta Setengah Porsi saat Makan di Luar

Alat makan yang lebih kecil dapat membantu kita mengontrol makan (popmama.com)

Restoran biasanya sering kali menyajikan porsi yang besar. Faktanya, ukuran porsi restoran, rata-rata, sekitar 2,5 kali lebih besar dari ukuran porsi yang biasa dimakan bahkan bias jadi hingga delapan kali lebih besar. Selain meminta setengah porsi saat makan di luar, kamu juga bisa berabgi makanan dengan seseorang. Tips lainnya adalah dengan memesan salad atau sayuran, meminta saus dan dressing disajikan secara terpisah, dan menghindari restoran all-you-can-eat yang mudah untuk dinikmati secara berlebihan.

4. Minum segelas air setiap sebelum makan

Minum segelas air 30 menit sebelum makan secara alami akan membantu mengontrol porsi maknmu. Mengisi air dalam perut akan membuat rasa lapar kamu berkurang. Terhidrasi dengan baik juga membantu kamu membedakan antara lapar dan haus.

5. Makan perlahan

Makan dengan cepat membuat kamu kurang sadar akan rasa kenyang dan karena itu meningkatkan kemungkinan kamu makan secara berlebihan. Karena otak kamu membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa kamu kenyang setelah makan, memperlambatnya dapat mengurangi total asupan kamu.

Selain itu, makan saat bepergian atau sambil menonton TV juga bisa meningkatkan kemungkinan untuk makan berlebihan. Oleh karena itu, fokus pada makanan dan tidak terburu-buru membuat kamu lebih menikmatinya dan mengontrol ukuran porsi kamu. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengambil gigitan kecil dan mengunyah setiap suapan setidaknya lima atau enam kali sebelum menelan.

6. Jangan makan langsung dari wadahnya

Minum segelas air sebelum makan dapat mengontrol porsi makan kita (republika.com)

Kemasan ukuran jumbo atau makanan yang disajikan dari wadah besar mendorong makan berlebihan dan kurangnya kesadaran akan ukuran porsi yang tepat. Hal ini terutama berlaku untuk makanan ringan. Daripada memakan camilan langsung dari bungkusnya, pindahkan camilan tersebut ke dalam mangkuk kecil untuk mencegah makan lebih dari yang kamu butuhkan.

Hal yang sama berlaku untuk porsi besar makanan keluarga. Daripada menyajikan makanan langsung dari kompor, atur ulang porsinya ke piring sebelum disajikan. Melakukan hal ini akan membantu mencegah piring kamu terisi penuh dan mencegah kamu kembali lagi dalam hitungan detik.

7. Perhatikan Ukuran Penyajian 

Membaca label makanan juga meningkatkan kesadaran akan porsi yang tepat. Mengetahui ukuran porsi yang disarankan untuk makanan yang biasa dimakan dapat membantu Kamu mengatur asupan. Kamu tidak selalu harus mengukur makanan kamu.

Namun, melakukan hal ini mungkin berguna untuk jangka waktu singkat untuk meningkatkan kesadaran tentang seperti apa ukuran porsi yang tepat. Setelah beberapa saat, Kamu mungkin tidak perlu mengukur semuanya. Pada akhirnya, mengontrol porsi adalah solusi cepat yang meningkatkan kualitas hidup kamu dan dapat mencegah makan berlebihan.

Contoh makan langsung dari panci memasak (pergikuliner.com)