6 Macam Serum Wajah dan Masing-Masing Fungsinya, Mana yang Paling Kamu Butuhkan?

6 Macam Serum Wajah dan Masing-Masing Fungsinya, Mana yang Paling Kamu Butuhkan?

Kita semua memiliki kulit yang unik, itulah kenapa kebutuhan kita soal skincare pun berbeda. Selain itu, kulit setiap orang merespons produk sangat bervariasi. Apa yang memberikan keajaiban pada kulit seseorang mungkin akan berdampak buruk pada kulit orang lain. Itu sebabnya ada begitu banyak pilihan produk kecantikan. Dan serum wajah tidak terkecuali.

Nah, kalau kamu sedang bingung memilih jenis serum wajah dan apa manfaatnya untuk kulitmu, bacalah artikel ini sampai akhir. Berikut 6 kategori utama serum wajah yang saat ini tersedia untukmu dan kebutuhan spesifik kulitmu.

1. Serum Anti Penuaan

Serum jenis ini mampu mengatasi tanda-tanda penuaan yang paling umum sekaligus memperlambat prosesnya secara umum. Produk ini menargetkan garis-garis halus, kendur, atau kerutan yang ada saat ini, sekaligus mengencangkan dan mengencangkan kulit.

Serum anti penuaan juga berfokus pada peningkatan pergantian sel, membantu perbaikan sel, dan pembaharuan sel. Serum ini membantu meremajakan kulit dan menghaluskan tekstur dan penampilan secara keseluruhan.

Retinol (turunan dari Vitamin A), adalah bahan yang umum digunakan dan terkenal karena efek anti-penuaannya yang kuat.

2. Serum Pencerah Kulit

Keunggulan serum wajah lainnya adalah kemampuannya untuk mencerahkan kulit kusam. Serum pencerah bekerja dengan menghaluskan kulit, memudarkan bintik matahari, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Serum ini membuat kulitmu bersinar alami dan bercahaya. Serum khusus ini mungkin mengandung ekstrak seperti teh hijau, akar licorice, dan jeruk bali atau antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C. Bahan lain untuk mencerahkan adalah asam kojic, asam ferulic, peptida, dan reflektor cahaya atau diffuser optik yang langsung memberimu kilau sempurna.

3. Serum Penangkal Jerawat

Sebelum dan sesudah menggunakan serum antiaging (us.caudalie.com)

Serum pelawan jerawat berfungsi untuk mencegah jerawat sebelum terbentuk. Produk ini diformulasikan dengan molekul kecil yang dapat dengan mudah meresap jauh ke dalam kulit dan menghasilkan bahan aktif yang kuat.

Berbeda dengan sabun cuci muka dan krim yang bekerja lebih banyak di permukaan kulit. Serum membantu menghentikan jerawat bahkan sebelum timbulnya jerawat.

4. Serum Wajah yang Menghidrasi

Saat kulitmu kering dan dehidrasi, terkadang pelembap dan losion tidak dapat mengatasi masalah tersebut. Di sinilah serum wajah berperan. Namun, serum wajah tidak dimaksudkan untuk menggantikan pelembab harianmu.

Mereka bekerja bersamaan dengan pelembabmu untuk memperkuat efek menghidrasi. Serum wajah khusus ini menembus jauh ke dalam pori-pori untuk memberikan lapisan hidrasi ekstra.

5. Serum Pengelupasan Wajah

Serum eksfoliasi berfungsi untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, serta memperbaiki perubahan warna dan hiperpigmentasi akibat penuaan alami dan kerusakan akibat sinar matahari.

Serum eksfoliasi merupakan cara mudah untuk memastikan kulitmu berfungsi normal dan optimal. Mereka juga berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

6. Serum Wajah Repairative dan Renewing Face

Sama seperti serum wajah yang berfungsi sebagai anti-penuaan, serum ini juga berfungsi memperbaiki dan memulihkan kulit. Serum wajah ini pada intinya mampu memutar balik waktu dan mengembalikan kilau wajah yang kita dambakan.

Itu tadi 6 macam jenis serum dan manfaatnya untuk kulit wajah. Mana yang kira-kira kamu butuhkan ges?

Serum pemutih wajah (youtube.com)