5 Etika Menginap di Hotel yang Wajib Dipahami Tamu, Jangan Sembarangan!

Ada beberapa etika menginap di hotel yang wajib kamu tahu sebagai tamu. Kira-kira apa saja ya?

Setiap liburan atau melakukan perjalanan bisnis yang membutuhkan waktu lama, tentu kamu butuh menginap di hotel  sebagai tempat istirahat. Sebagai tamu kamu wajib banget memahami etika menginap di hotel agar tidak dicap sebagai tamu yang menyebalkan. Lantas, etika apa saja yang wajib dipahami setiap tamu yang menginap di hotel? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Jangan Gunakan Sandal Hotel di Luar Kamar

Selama ini masih banyak tamu yang memakai sandal hotel untuk keluar kamar, termasuk ke area resto atau kolam renang. Hal tersebut ternyata nggak boleh dilakukan karena dianggap kurang sopan. Sandal hotel memang sengaja didesain tipis untuk melindugi kaki di lantai kamar, bukan untuk jalan-jalan keluar kamar, apalagi ke parkiran hotel.

2. Pahami Barang Hotel yang Boleh Dibawa

Menginap di hotel, artinya kamu harus paham mana barang hotel yang boleh dibawa atau tidak. Contoh barang hotel yang boleh dibawa pulang antara lain adalah sandal hotel, sampo, sabun, pasta gigi, tisu, kopi, gula, dan juga shower cap. Namun, ada barang-barang lain yang hanya fasilitas hotel, dan tidak boleh dibawa pulang. Di antaranya seperti handuk, pesawat telepon, selimut, dan masih banyak lagi.

3. Bersikap Sopan

Etika Menginap di Hotel (via jalanbareng.com)

Kita memang wajib bersikap sopan di manapun, kapan pun, dan pada siapa pun, termasuk pada pegawai hotel. Sebagai tamu yang baik, kamu wajib menghargai staf hotel meski kamu dalam kondisi lelah sekalipun. Jangan menyusahkan mereka, apalagi bicara dengan nada tinggi. Ingat, bersikaplah dewasa dan profesional sebagai tamu hotel.

4. Jangan Membuat Keributan

Aturan tidak boleh membuat keributan di tempat umum memang sudah lama dipahami banyak orang. Hal tersebut juga berlaku ketika kamu menginap di hotel. Sebab, membuat keributan di hotel bisa saja berisiko mengganggu kenyamanan istirahat tamu yang lain.

5. Menginap dengan Tamu Tambahan

Etika Menginap di Hotel (via Tribun Travel)

Karena berbagai alasan, banyak orang mengajak orang lain menginap di kamar hotel yang sudah disewa. Padahal, hal ini sebenarnya tidak diperbolehkan jika dilakukan tanpa izin pihak pengelola. Jika ada rencana untuk memiliki tamu tambahan di kamar, sebaiknya beri tahu pihak hotel terlebih dahulu. Beberapa hotel mungkin memiliki aturan khusus terkait jumlah tamu di satu kamar.

Sebenarnya setiap tempat yang dikunjungi pasti memiliki aturan dan etikanya masing-masing. Maka dari itu, kamu wajib tahu etika saat menginap di hotel  sehingga kamu tidak dianggap menyebalkan oleh orang lain dan para pegawai.

Etika Menginap di Hotel (via Beautynesia)