5 Perangkat Buat Sepeda Motor yang Bikin Maling Males Kerja

Ini lho deretan perangkat buat sepeda motor kita. Niscaya, maling bakalan males deh ngebobol kendaraan kita.

Sepeda motor memang alat transportasi yang istimewa gengs. Sepeda motor tuh praktis, gesit, bisa salip-salip di kerumunan kemacetan kota. Jenisnya banyak dan cukup populer di Tanah Air untuk bepergian.

Di balik itu, sepeda motor kita sebenernya gak pernah lepas dari incaran maling. Itulah yang kadang menghantui pikiran pengendara sepeda motor di mana pun saat terparkir.

Kasus pencurian kendaraan bermotor, atau mungkin sepeda motor, udah banyak banget. Makanya, kita gak boleh kalah akal sama maling yang bisa ngakalin apa aja demi mendapatkan sesuatu yang bukan milik mereka.

Dikutip dari Liputan6.com, ini dia 5 perangkat buat sepeda motor yang bikin maling males kerja. Kerja yang dimaksud ya membobol motor kita gengs. Simak kuy!

1. Baut

Ini alat emang kecil, segede cabe rawit doang. Tapi soal efektivitas, efektif banget menangkal maling. Gimana caranya?

Simpel, beli aja baut Rp3.000-an di bengkel gitu. Terus pasang deh ke lubang piringan rem cakram motor kita dan itu bakal ngunci. Maling jadi males ngecek-ngecek karena bannya pun ngunci, sementara mereka kan (biasanya) cuma bawa kunci T buat ngebobol motor.

Mereka gak bakal bisa gerakin motor kalian deh sekalipun rumah kunci udah dibobol pake kunci T. Mereka pasti akan pergi dengan sendirinya, tanpa disuruh.

Ilustrasi memasang baut di ban motor (youtube.com)

2. Kunci motor variasi

Motor-motor keluaran terbaru emang udah dilengkapi dengan key shutter sih. Harapannya untuk mempersulit kerja-kerja maling yang ngincer sepeda motor kalian.

Biar lebih optimal, kalian bisa juga tuh membuat variasi kunci motor yang dijual di toko-toko variasi atau modifikasi. Harganya sekitar Rp50.000-an aja gengs.

Kunci motor variasi macem kunci "nazi" bisa tuh dipakai. Rumah kunci dengan desain yang berbeda bakal mempersulit kerja maling kalo mereka sekadar bawa kunci T doang. Gitu kata Ronald dari JMV Speed Shop.

Coba deh beli kunco motor variasi (bolaotomotif.com)

3. Gembok

Oleh karena maling selalu beraksi menggunakan berbagai cara, kalian bisa juga mengakalinya dengan: gembok!

Pasang gembok di mata rantai atau cakram motor. Cara ini udah digunakan banyak pengendara sepeda motor kok selama ini.

Buat ngebobol satu gembok aja makan waktu 3 sampe 5 menit gengs. Itu lama, dan keburu ketahuan duluan lewat CCTV misalnya. Gembok juga gak mahal-mahal amatlah demi keselamatan, cuma Rp50-100 ribu aja kok.

Gembok oke sih, tapi ya jangan gini juga ya gengs, ribet! (pertamax7.com)

4. Alarm sepeda motor

Alarm buat sepeda motor tuh kayak alar mobil juga. Alarm akan menyala secara otomatis jika motor kita akan dicuri orang.

Beberapa pabrikan motor di Tanah Air udah menyertakan penggunaan alarm kok untuk sepeda motor keluaran terbaru. Tapi masih bisa dipasang juga kok buat motor-motor lama.

Dengan harga Rp150 ribuan aja, motor kalian bakal aman deh dari aksi maling yang mau curi-curi motor kalian. Tapi usahakan untuk memasang alarm itu di tempat yang sulit dijangkau ya. Kayak di dalem bagasi motor gitu.

Alarm sepeda motor bunyi kalo ada kontak macem begini nih~ (thetanjungpuratimes.com)

5. Kunci rahasia

Kayak kunci motor variasi tadi, kunci rahasia juga bisa kalian dapatkan di toko-toko variasi atau modifikasi gengs. Kalian tinggal pasang aja di tempat yang cuma kalian dan Tuhan yang tau di mana letaknya.

Kalo begini, gak ada lagi yang bisa nyalain motor kalian kecuali kalian sendiri. Tapi ya percuma kalo kalian kasih tau ke temen-temen kalian. Apalagi ngasih tau ke malingnya. Percuma!

Yaudah, itu deh lima perangkat yang bisa mencegah sepeda motor kalian dibawa kabur para maling dan tak kembali lagi. Pokoknya, tetep waspada ya gengs.

Mungkin gak bakal kayak gini kalo kalian punya kunci rahasia (poskotanews.com)