Manfaat Air Jahe Anget untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Manfaat Air Jahe Anget untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Air jahe atau air yang ditambahkan irisan jahe segar sering kali digunakan dalam pengobatan herbal untuk kondisi seperti kembung dan sakit perut.

Faktanya, air jahe ini bagus untuk berbagai persoalan kesehatan. Kamu yang tidak bisa makan jahe mentah juga bisa meminum air jahe karena rasanya lebih ringan.

Cara Membuat Air Jahe

Cara termudah untuk membuatnya adalah dengan menambahkan beberapa iris jahe segar ke dalam air. Menyeduh jahe dalam air panas juga membantu membuatnya lebih beraroma. Kamu bisa menyajikannya dingin jika kamu lebih suka minuman dingin. Berikut cara membuat air jahe dalam jumlah banyak:

Tambahkan 2 sendok makan jahe yang sudah dikupas dan diiris tipis serta 4 gelas air ke dalam panci berukuran sedang. Didihkan air setidaknya selama 10 menit. (Jika kamu lebih suka teh yang lebih kental, tambahkan lebih banyak irisan jahe dan rebus air lebih lama.) Lalu tambahkan madu, jeruk nipis, atau lemon sesuai selera. Sajikan panas atau dingin.

Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Manfaat dan efek samping air jahe (infografis.sindonews.com)

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jahe menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan. Misalnya, jahe mengandung kolin, yang merupakan bahan pembangun neurotransmiter penting yang membantu otak dan saraf bekerja. Tubuh kita membutuhkan kolin untuk membantu mendukung metabolisme, kesehatan jantung, suasana hati, dan fungsi otot. Manfaat kesehatan lain dari jahe yaitu:

1. Manajemen gula darah

Ada beberapa bukti bahwa jahe dapat membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darahnya jika mereka meminumnya secara teratur dalam jangka waktu lama.

2. Membantu mengatasi menstruasi yang berat

Sebuah penelitian kecil terhadap siswi sekolah menengah atas yang mengalami menstruasi berat menemukan bahwa mereka yang diberi jahe mengalami lebih sedikit kehilangan darah selama siklusnya dibandingkan siswi yang mendapat plasebo (pil tanpa bahan aktif).

3. Mengurangi rasa sakit

Jahe dapat membantu meredakan beberapa jenis nyeri, termasuk nyeri otot setelah berolahraga, dan kram menstruasi yang serius.

4. Mengurangi peradangan

Ada banyak penyebab peradangan, termasuk reaksi alergi ringan dan aktivitas berlebihan. Penelitian awal tentang jahe menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh kedua penyebab tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala alergi, meskipun kita memerlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini.

5. Menurunkan kolesterol 

Kadar kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan jahe ke dalam makanan tidak hanya membantu mengurangi kolesterol LDL tetapi juga kolesterol total dan trigliserida. Hal ini dapat menurunkan risiko masalah jantung dan masalah kesehatan terkait kolesterol lainnya.

Nah itu tadi 5 manfaat air jahe untuk kesehatan dan cara membuatnya. Kamu bisa coba bikin sendiri di rumah karena gampang banget!

Jahe cincang, iris, dan jahe utuh (grid.id)