7 Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur, Gak Perlu Obat!

7 Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur, Gak Perlu Obat!

Mendengkur tidak hanya mengganggu, tetapi 75% orang yang mendengkur menderita apnea tidur obstruktif (ketika pernapasan terganggu saat tidur dalam waktu singkat), yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kamu bisa saja melakukan pengobatan sendiri dengan semprotan dan pil yang dijual bebas, tapi tentu saja itu bukan solusi yang bijak.

Nah, sebelum berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa sebab kamu mendengkur dan bagaimana cara mengatasinya. Sebaiknya cobalah solusi alami dan perubahan gaya hidup berikut ini dulu deh! Siapa tahu, kamu bisa berhenti mendengkur setelah mencobanya.

1. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan membantu beberapa orang tetapi tidak semua orang. “Orang kurus juga mendengkur,” kata Slaughter.

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur (infografis.okezone.com)

Jika berat badan Anda bertambah dan mulai mendengkur dan tidak mendengkur sebelum berat badan bertambah, penurunan berat badan dapat membantu. “Jika berat badan Anda bertambah di sekitar leher, hal itu akan menekan diameter bagian dalam tenggorokan, membuatnya lebih mungkin untuk mengempis saat tidur, sehingga memicu mendengkur,” kata Slaughter.

2. Biasakan Tidur Cukup dan Sesuai Waktunya

Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang mirip dengan minum alkohol. Bekerja berjam-jam tanpa tidur yang cukup, misalnya, hingga akhirnya kamu berangkat kerja dalam keadaan kelelahan dapat membuat otot-ototmu lemas dan membuatmu mendengkur ketika tidur.

3. Hindari Alkohol

Alkohol dan obat penenang mengurangi kekuatan istirahat otot-otot di bagian belakang tenggorokan, sehingga meningkatkan kemungkinan mendengkur. Orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah minum alkohol.

4. Membuka Saluran Hidung

Saluran hidungmu bekerja dengan cara yang sama. Jika hidungmu tersumbat atau menyempit karena pilek atau penyumbatan lainnya, udara yang bergerak cepat kemungkinan besar akan menyebabkan dengkuran.

Mandi air panas sebelum tidur dapat membantu membuka saluran hidung. Simpan sebotol air garam bilas di kamar mandi. Basuh hidungmu dengan air tersebut saat kamu mandi untuk membantu membuka saluran.

5. Ganti Bantalmu

Alergen di kamar tidur dan bantal dapat menyebabkan dengkuran. Kapan terakhir kali kamu membersihkan kipas langit-langit di atas kepala, menyervis ac, atau mengganti bantalmu?

6. Minum banyak cairan

Sekresi di hidung dan langit-langit lunak menjadi lebih lengket saat kamu mengalami dehidrasi. Ini bisa menyebabkan lebih banyak dengkuran. Menurut Institute of Medicine, wanita sehat harus mengonsumsi sekitar 11 gelas air (dari semua minuman dan makanan) sehari; pria membutuhkan sekitar 16 cangkir.

7. Ubah Posisi Tidurmu

Menurunkan berat badan dapat membantu mengatasi masalah mendengkur saat tidur (ruparupa.com)

Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak jatuh ke dinding belakang tenggorokan sehingga menimbulkan suara bergetar saat tidur. Tidur miring dapat membantu mencegah hal ini.

Nah, itu tadi 7 cara untuk mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tidur miring dapat membantu mengatasi kebiasaan tidur mendengkur (rencanamu.id)