Gak Main-Main! Ternyata Ini Efek Buruk Minuman Soda untuk Tubuhmu

Gak Main-Main! Ternyata Ini Efek Buruk Minuman Soda untuk Tubuhmu.

Soda tidak baik untuk kesehatanmu. Minuman ini tidak mengandung nutrisi penting tidak ada vitamin, mineral atau serat. Selain itu, soda biasa penuh dengan kalori. 

Itulah kenapa minum minuman ringan manis telah dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2, penambahan berat badan, penyakit hati berlemak, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker.

Terlebih lagi, gula dan asam dalam soda dapat memberikan dampak pada gigimu.

# Soda Dapat Merusak Gigimu

Soda biasa dikemas dengan gula. Satu kaleng soda berukuran 12 ons biasanya melebihi jumlah gula harian maksimum yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan mengandung jauh lebih banyak gula daripada yang boleh dikonsumsi anak-anak dalam satu hari. 

Bakteri di mulutmu memakan gula dalam soda, menghasilkan asam yang menyerang gigimu selama sekitar 20 menit setelah setiap tegukan.

Soda yang mengandung kafein dapat membuatmu dehidrasi sehingga menyebabkan mulut kering. Gula juga mempercepat proses dehidrasi.

Dampak buruk minum soda (atmago.com)

# Soda Diet Juga Memiliki Efek Buruk

Minum soda diet atau bebas gula tidak membuatmu terhindar dari semua masalah yang disebabkan oleh soda biasa. Meskipun soda diet dan minuman berkarbonasi bebas gula lainnya tidak melapisi gigimu dengan gula, biasanya minuman tersebut sangat asam – seperti kebanyakan soda biasa. 

Asam ditambahkan ke sebagian besar minuman ringan untuk menambah rasa, meningkatkan umur simpan, dan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur. Karbonasi juga menambah keasaman minuman ringan.

Asam ini dapat mengikis dan mengurangi kekerasan email yang melindungi gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Jadi, bahkan soda diet dan minuman berkarbonasi bebas gula lainnya dapat menyebabkan gigi berlubang. Gigi anak-anak sangat rentan terhadap erosi asam dan kerusakan gigi karena enamel gigi mereka lebih tipis dibandingkan orang dewasa.

Berbagai minuman soda di supermarket (topcareer.id)

# Cara Mengatasi Efek Minum Soda

1. Pilih minuman lain seperti air putih, teh tanpa pemanis, atau susu biasa.

2. Nikmati soda hanya secukupnya.

3. Jika Anda memang minum soda, konsumsilah dengan cepat agar tidak menimbulkan kerusakan.

4. Batasi soda pada waktu makan, ketika mulut Anda menghasilkan lebih banyak air liur.

5. Sikat gigimu 30 hingga 60 menit setelah minum soda.

6. Selain mengurangi atau tidak minum soda sama sekali, kamu dapat membantu melawan dampaknya dengan terus menjaga kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kali, bersihkan gigi dengan benang setiap hari dan temui dokter gigi  untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin.

Air tidak hanya tidak mengandung gula atau kalori, tetapi kamu juga dapat membuatnya beraroma dengan menambahkan buah, sayuran, atau herba seperti stroberi, mentimun, dan mint ke dalam minumanmu.

Minuman soda kaleng (urbanasia.com)