Cara Meningkatkan Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi

Cara Meningkatkan Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi

Tekanan darah rendah, atau hipotensi, adalah ketika tekanan darahmu lebih rendah dari yang dianggap normal.

Tekanan darah normal adalah antara sekitar 90/60 mm Hg dan 120/80 mm Hg. Sementara tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah tekanan darah di atas 120/80 dan hipotensi di bawah 90/60. Namun, tidak jarang jumlahnya sedikit berfluktuasi sepanjang hari, terlepas dari kesehatanmu secara keseluruhan.

Tekanan darah rendah mungkin tidak perlu dikhawatirkan jika tidak disertai gejala mengkhawatirkan lainnya.

Namun, jika kamu memiliki tekanan darah rendah disertai keluhan atau gejala seperti pusing, pandangan kabur, depresi, lemah, mual, kedinginan, dan sebagainya, kamu perlu memeriksakannya dan atau meningkatkan tekanan darahmu dengan berbagai cara berikut:

1. Minum Banyak Air

Dehidrasi terkadang dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Beberapa orang mungkin mengalami hipotensi bahkan dengan dehidrasi ringan.

Anda juga bisa mengalami dehidrasi karena kehilangan air terlalu cepat. Hal ini bisa terjadi melalui muntah-muntah, diare parah, demam, olahraga berat, dan keringat berlebih.

2. Makan Makanan yang Bergizi

Tekanan darah rendah dan efek samping lainnya dapat terjadi jika kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Rendahnya kadar vitamin B12, asam folat, dan zat besi dapat menyebabkan anemia. Kondisi ini terjadi ketika tubuhmu tidak dapat menghasilkan cukup darah dan dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

3. Makan Makanan yang Asin

Tekanan darah rendah (theurbanmama.com)

Natrium membantu meningkatkan tekanan darah. Namun, hal itu dapat meningkatkan tekanan darah secara berlebihan. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Tanyakan kepada dokter berapa banyak yang tepat untukmu.

Tambahkan garam meja ke makanan utuh yang belum diolah. Ini membantu mengontrol berapa banyak garam yang Anda makan. Hindari makanan asin olahan dan olahan.

4. Pakai Stocking Ketat

Stoking atau kaus kaki elastis dapat membantu mencegah darah menggenang di kaki. Ini membantu meringankan hipotensi ortostatik atau postural, yaitu tekanan darah rendah karena terlalu banyak berdiri, berbaring, atau duduk.

5. Makanlah dalam porsi kecil

Kamu bisa mengalami tekanan darah rendah setelah makan besar, meskipun hal ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini terjadi karena darah mengalir ke saluran pencernaanmu setelah kamu makan. Biasanya, detak jantung meningkat untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Kamu dapat mencegah tekanan darah rendah dengan makan dalam porsi kecil. Selain itu, membatasi karbohidrat juga dapat membantu menjaga tekanan darah lebih stabil setelah makan. 

Itu tadi 5 cara meningkatkan tekanan darah agar kembali normal, semoga artikel ini bermanfaat ya! Salam sehat selalu.

Faktor penyebab dan cara mencegah hipotensi (ruangguru.com)