Study Tour Makan Korban Lagi, Sebuah Bus Bawa Siswa SMP Kecelakaan di Tol Jombang

Kecelakaan bus kembai terjadi yang membawa siswa study tour. Seperti apa peristiwa tersebut?

Sebuah bus membawa siswa study tour mengalami kecelakaan  di jalan tol Jombang beberapa waktu lalu. Bus pariwisata membawa siswa SMP PGRI 1 Wonosari menabrak bagian belakang truk yang berjalan di depannya. Diduga kecelakaan terjadi karena kesalahan sopir bus yang mengantuk.

Polisi masih menyelidi penyebab kecelakaan maut antara bus dan truk. Memang dugaan sementara sopir bus yang bernama Yanto mengalami microsleep selama beberapa detik saat melintas di jalan tol Jombang. Saat ini sang sopir masih menjalani pemeriksaan di kantor polisi meski menderita luka ringan.

Kecelakaan terjadi pada Selasa (21/5) malam hari pukul 23.45 WIB. Bus pariwisata itu berisi 51 orang. Saat sedang tertidur bus tiba-tiba berjalan ke arah kiri dan langsung menghantam bagian belakang truk.

Akibat dari kecelakaan bus pariwisata ada dua orang korban meninggal dunia. Korban itu adalah kernet bus dan penumpang yang merupakan pensiunan SMP PGRI 1 Wonosari. Kecelakaan ini memang mengejutkan karena belum lama ini juga terjadi peristiwa di Subang, Jawa Barat.

Adalah bus pariwisata yang membawa siswa SMK di Depok mengalami kecelakaan saat melintas di turunan jalan Ciater-Subang yang selama ini dikenal sebagai kawasan rawan kecelakaan.

Beberapa penumpang yang mayoritas siswa SMK meninggal dunia, lalu ada satu orang guru dan seorang pengendara motor yang tertabrak oleh bus maut tersebut. Sopir bus sudah ditetapkan sebagai tersangka dari peristiwa ini.

Kecelakaan Bus di Tol Jombang (detikNews)

Penyebab kecelakaan bus naas tersebut karena masalah rem bus yang diduga blong. Ketika melintas di jalan menurun, sopir bus tidak bisa mengantisipasi sehingga bus menjadi oleng dan akhirnya menabrak beberapa kendaraan lain sampai akhirnya terguling.

Memang sudah banyak pihak-pihak yang mengimbau kepada sekolah untuk menghentikan sementara kegiatan study tour ke luar kota. Disarankan kegiatan sekolah dilakukan di dalam kota dan tak perlu berpergian jauh karena bisa memicu terjadinya kecelakaan dan jatuhnya banyak korban.

Kecelakaan Bus di Subang (Tribun Jatim)