Daftar Barang Dapur yang Diduga Memicu Penyakit Kronis, Harus Disingkirkan!

Ada beberapa barang dapur yang diduga memicu penyakit kronis jika dibiarkan terlaly lama. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak potensi bahaya yang mungkin tersembunyi di sekitar kita? Salah satu lokasi yang diam-diam rentan membawa penyakit adalah dapur. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa barang dapur yang diduga memicu penyakit kronis jika dibiarkan terlaly lama. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini! 

1. Botol Plastik

Botol plastik adalah benda yang sangat umum ditemukan di dapur karena benda ini menjasi kemasan paling praktis untuk membungkus makanan atau minuman.  Meski demikian, ada beberapa klaim bahwa botol plastik sering dianggap sebagai salah satu sumber polutan yang potensial dalam air minum dan makanan kita. 

Namun, klaim bahwa botol plastik bisa menyebabkan kanker masih menjadi kontroversi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia tertentu dalam plastik, seperti bisfenol A (BPA), dapat memiliki efek negatif pada kesehatan, tetapi bukti langsung hubungannya dengan kanker masih kurang jelas.

2. Peralatan Masak Aluminium

Barang Dapur yang Memicu Penyakit (via ANTARA News Gorontalo)

Peralatan masak aluminium telah lama dituduh sebagai penyebab potensial kanker karena dugaan bahwa logam tersebut bisa terlarut dalam makanan saat memasak. Jika masuk ke dalam tubuh, maka kandungan bahan ini akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan bahwa penelitian yang lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim ini.

3. Talenan Plastik

Barang Dapur yang Memicu Penyakit (via Kompas)

Talenan plastik sering digunakan dalam persiapan makanan, tetapi klaim bahwa mereka dapat menyebabkan kanker telah menimbulkan kekhawatiran. Beberapa jenis plastik mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat terlepas ke dalam makanan saat digunakan, terutama jika talenan tersebut sudah tua atau tergores. Goresan ini bisa menjadi tempat berkembangnya kuman dan penyakit yang nantinya bisa membuat makanan terkontaminasi.

4. Rempah-rempah yang Sudah Kadaluarsa

Barang Dapur yang Memicu Penyakit (via Sajian Sedap)

Penggunaan rempah kadaluarsa  sering kali dianggap sebagai faktor risiko potensial untuk kesehatan, termasuk risiko kanker. Rempah yang kadaluarsa atau terkontaminasi dapat mengandung mikroba berbahaya atau mold yang dapat menghasilkan senyawa beracun. Meskipun paparan jangka panjang terhadap senyawa tertentu dapat meningkatkan risiko kanker, hubungan langsung antara rempah kadaluarsa dan kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ketika mendengar klaim tentang benda dapur yang bisa memicu penyakit kronis, penting untuk tidak langsung percaya begitu saja tanpa mencari bukti ilmiah yang kuat. Meskipun beberapa bahan dan peralatan dapur mungkin memiliki potensi risiko bagi kesehatan, penting untuk menimbang risiko tersebut dengan hati-hati dan menggunakan informasi yang akurat dan terpercaya. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan jika memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang kesehatan.

Barang Dapur yang Memicu Penyakit (via Kompas)