Mahalini Pindah Agama, Tokoh Hindu Ini Beri Komentar Bijak

Mahalini memutuskan untuk pindah agama sebelum menikah dengan Rizky Febian. Seperti apa tanggapan salah satu tokoh Hindu?

Sebelum menikah dengan Rizky Febian, Mahalini pindah agama  memeluk Islam mengikuti keyakinan calon suaminya. Keputusan Mahalini pindah agama kabarnya sudah mendapat persetujuan dari keluarga besarnya.

Salah satu tokoh agama Hindu I Gede Pasek Suardika dalam tulisannya di Facebook Gede Pasek Suardika, memberikan tanggapan yang cukup bijaksana. Menurutnya apa yang dilakukan Mahalini adalah keputusan yang harus dihargai oleh semua orang.

“Ditengah prosesi perkawinan Mahalini dengan Rizky Fabian, anak dari komedian Sule menimbulkan perdebatan soal keyakinan baik dari yang seumat dengan Mahalini maupun yang seumat dengan Rizky Fabian.  Saya sebenarnya tidak terlalu tertarik mengikuti kisah mereka, tetapi ada beberapa yang inbox mempertanyakan dan meminta pendapat saya terhadap hal tersebut karena sudah jadi pembicaraan publik,” tulisnya mengawali tulisan di Facebook.

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (8/5), Gede Pasek mengatakan jika Mahalini berhak mencari jalan kebahagiaan masing-masing dan diyakini itu adalah pilihannya yang tepat. “Tidak pantas pihak lain harus mengkontestasikan agama mana yang menang dalam tarik menarik tersebut,” tulisnya.

Gede Pasek menambahkan jika dalam Islam ada istilah Mualaf bagi yang masuk mengikuti agama Islam dan dalam Hindu ada istilah Dharmika bagi yang kembali ke ajaran Sanatana Dharma yaitu Hindu. “Itu adalah label ketika terjadi hijrah keyakinan secara formal tetapi tetap saja itu hak pribadi masing masing,” tambahnya.

Gede Pasek menambahkan dalam agama Hindu tidak ada doktrin yang harus berlabelkan formal agama Hindu untuk meyakini dan menjalani etika dan ritual Hindu. “Sehingga jangan kaget jika Yoga bisa didalami oleh siapapun tanpa pindah agama, melukat menjadi tradisi healing kelas satu bagi wisatawan nusantara dan mancanegara. Belum lagi mebayuh oton, meaben dan upacara upacara lainnya tanpa harus pindah agama. Karena yang disentuh adalah jiwanya bukan KTP nya. Mau percaya Karmaphala, Reinkarnasi tidak mesti ber KTP Hindu,” katanya.

Mahalini Pindah Agama (detikHot)

Di akhir tulisannya Gede Pasek mengimbau kepada semua orang untuk mendoakan siapa pun yang menikah dengan pilihan agamanya yang penting orang tersebut berbahagia. “Hanya satu pesan, setelah memilih meninggalkan yang lama tidak, perlu menjelekkan agama asalnya. Tidak ada untungnya juga,” pungkasnya.

Mahalini dan Rizky akan menikah pada Jumat 10 Mei 2024 di Jakarta. Pada Rabu 8 Mei 2024, Rizky akan mengadakan pengajian di rumah Sule untuk kelancaran pernikahan dengan Mahalini.

I Gede Pasek Suardika (ERA.ID)