Ini Asal Usul Sebutan Truk Molen, Ada Hubungannya dengan Pisang Molen?

Asal usul nama truk molen yang nggak ada hubungannya dengan pisang molen.

Truk molen adalah jenis truk berukuran besar yang sering dipakai membawa beton cair di dalam tabung. Bagian tabung yang berbentuk bulat terus berputar untuk menjaga konsistensi beton agar tetap cair dan tidak mengeras dalam perjalanan. Tapi tahu nggak sih kenapa truk tersebut disebut truk molen? Gimana asal usulnya?

Melansir dari akun Instagram @kemenpupr, truk molen berasal dari bahasa belanda yakni ‘molen’. Momen dalam bahasa Belanda memiliki kesamaan dengan kata ‘mill’ yang artinya pabrik atau penggilingan.

Karena terjadi dalam penyerapan bahasa Indonesia maka menggiling dan mengaduk diartikan yang sama. Artinya kata molen digunakan untuk aktivitas keduanya. Karena tabung ini di bagian belakang truk terus berputar untuk mengaduk semen, maka truk ini dikenal dengan nama cement molen dalam bahasa Belanda atau truk molen dalam bahasa Indonesia.

Dalam penjelasan tersebut jelas tak ada hubungan antara truk molen dengan pisang molen. Sebutan molen dalam pisang molen berasal dari alat penggiling untuk membuat adonan tepung menjadi lebih tipis.Alat penggiling ini juga sering dipakai untuk menggiling mi.

Sehingga proses memutar seperti aktivitas menggiling ini mengingatkan pada proses pencampuran beton pada truk molen. Apalagi bentuknya mirip, bulat lonjong dan mengerucut pada kedua arah.

Postingan tentang asal usul truk molen itu langsung mendapat tanggapan dari netizen. “Lha, tak pikir selama ini karna bentuknya yg mirip dengan molen pisang. Wahahahah,” kata seorang netizen. “Concrete mixer, jadi bertanya-tanya, kalau kejebak macet atau mogok truknya, apakah beton yang dibawa akan memgeras di dalam,” sambut netizen lain.

Asal Usul Nama Truk Molen (Riau Online)

Truk molen memiliki bentuk yang besar. Saat berjalan banyak pengendara lain yang khawatir jika berpapasan atau bersebalahan dengan truk ini karena ukuran yang besar. Untungnya truk moleh tidak berjalan dengan cepat di jalanan. “Agak was-was kalau mau menyalip truk molen,soalnya tinggi besar dan panjang,” tambah netizen lain.

Itulah tentang asal usul truk molen yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. Jadi sudah jelas kalau penyebutan truk molen gak ada hubungannya dengan pisang molen, cemilan yang memiliki rasa manis dan disukai banyak orang.

Pisang Molen (Kompas.com)