Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Quinoa

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Quinoa

Quinoa (dibaca: kin-wah) baru-baru ini menjadi populer di kalangan masyarakat yang menjalani pola hidup sehat. Quinoa sendiri sebenarnya telah dibudidayakan oleh penduduk asli di Pegunungan Andes Amerika Selatan selama lebih dari 5.000 tahun. Serpihan quinoa adalah butiran biji quinoa pipih yang masih mengandung semua nutrisi, namun dimasak lebih cepat.

Dengan kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya, quinoa sangat bergizi sehingga NASA menggunakannya untuk memberi makan para astronot dalam misi luar angkasa jangka panjang.

Emang apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan? Kita kupas tuntas di artikel ini ya!

Kandungan Nutrisi Quinoa

Serpihan quinoa dan quinoa utuh mengandung banyak nutrisi seperti:

- Folat

- Besi

- Tiamin

- Tembaga

- Magnesium

- Mangan

- Fosfor

- Kalium

- Seng

- Protein

Manfaat Kesehatan Quinoa

Quinoa yang telah dimasak (acouplecooks.com)

Tidak seperti kebanyakan makanan nabati, quinoa merupakan protein lengkap, yang berarti mengandung semua asam amino esensial. Asam amino adalah bahan penyusun protein yang membentuk otot, tulang, kulit, dan darah. 

Sembilan zat yang diklasifikasikan sebagai “penting” harus diperoleh dari makanan setiap hari, sebab tubuh kita tidak dapat memproduksi atau menyimpannya, dan quinoa menyediakan kesembilan hal tersebut.

Berikut manfaat quinoa untuk kesehatan:

Nasi goreng quinoa (katierobymorgan.com)

1. Mencegah Berbagai Penyakit

Memasukkan biji-bijian ke dalam makananmu dapat membantu menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

2. Kesehatan pencernaan

Quinoa adalah sumber serat yang bagus. Serat dapat mencegah atau mengobati sembelit dan dapat menurunkan risiko kanker usus. Ini juga membantumu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Kesehatan jantung

Menjaga berat badan yang sehat penting untuk kesehatan jantung. Serat dalam quinoa juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, sehingga menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Quinoa mentah (health.clevelandclini.org)