Mengenal Apa Itu HOCL, Benarkah Lebih Aman dan Ramah Lingkungan dari Disinfektan Berbahan Alkohol?

Mengenal Apa Itu HOCL, Benarkah Lebih Aman dan Ramah Lingkungan dari Disinfektan Berbahan Alkohol?

HOCL (Hypochlorous Acid) atau asam hipoklorit adalah disinfektan tertua di alam. Kandungan ini ada di dalam diri semua manusia. Kok bisa?

Yes, HOCL adalah zat yang diproduksi sel darah putih kita untuk melawan infeksi. Ia juga merupakan bahan aktif dalam air elektrolisis, yang merupakan teknologi industri yang digunakan untuk pembersihan dan sanitasi ramah lingkungan. 

Air elektrolisis ini dibuat saat listrik digunakan untuk mengubah struktur kimia garam, air & cuka menjadi disinfektan yang sama efektifnya dengan pemutih, namun tanpa bahan kimia, asap, atau residu berbahaya. Keren ya?

Fungsi HOCL

Kandungan yang aman pada HOCL ternyata membuatnya jadi larutan kimia yang serba bisa. Berikut ini beberapa fungsi HOCL untuk kehidupan sehari-hari:

1. Sebagai Disinfektan

Asam hipoklorit sangat lembut sehingga memiliki beberapa kegunaan dalam bidang kesehatan dan medis. Badan Pengawan Obat dan Makanan AS (FDA) bahkan memberikan izin agar HOCL digunakan untuk perawatan dan penyembuhan luka, produk perawatan mata dan juga umum pada produk perawatan hewan. 

Telah ada penelitian ekstensif mengenai kelembutan dan kemanjuran pembersih HOCl dalam membunuh bakteri. Bahan ini sangat dipercaya dan efektif sehingga rumah sakit menggunakannya sebagai disinfektan baik di AS maupun Jepang. Mengingat betapa efektifnya dalam membunuh mikroba tanpa meninggalkan residu berbahaya, pembersih hipoklorit juga digunakan untuk mengawetkan produk segar, dan membersihkan alat makan.

2. Sebagai Skincare

Antibakterial dari HOCL (lilla.id)

Dengan keseimbangan sifat antimikroba dan bahan-bahan yang aman, HOCl telah mendapat perhatian sebagai pejuang yang efektif melawan bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan peradangan.

Sifat anti-inflamasi HOCl dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan mempercepat penyembuhan kondisi seperti eksim atau psoriasis. Selain itu, karena lembut dan tidak menyebabkan iritasi, produk ini cocok untuk banyak jenis kulit sensitif.

3. Pembasmi Jamur

Komponen HOCL (anolyteindonesia.com)

Asam hipoklorit adalah pembunuh jamur yang efektif. Jamur merupakan salah satu jenis jamur yang dapat tumbuh di lingkungan lembap dan lembap, dan dapat menimbulkan berbagai macam masalah, mulai dari potensi risiko kesehatan hingga kerusakan struktural pada bangunan jika tidak ditangani.

HOCl bekerja dengan menembus dinding sel spora jamur, mengganggu strukturnya dan menjadikannya tidak aktif. Kemampuannya untuk menembus dan membunuh jamur menjadikan asam hipoklorit sebagai pilihan yang sangat baik untuk remediasi dan pencegahan jamur. Ini dapat diterapkan langsung ke permukaan yang terkena atau digunakan sebagai semprotan untuk menargetkan area pertumbuhan jamur.

Asam hipoklorit (HOCl) adalah disinfektan alami yang sangat kuat, dan juga bahan yang memberikan kekuatan anti-mikroba yang sama pada pada pemutih. Ketika pH larutan diturunkan ke tingkat yang tepat, HOCl akan terbentuk, zat yang sama yang merupakan pembasmi kuman pada sistem kekebalan tubuhmu.

Wih, ternyata hebat banget ya larutan HOCL ini!

Yang dibutuhkan untuk membuat larutan HOCL (anolyteindonesia.com)