Cocok Ditanam di Halaman Rumah, Ini 4 Jenis Bunga Pengusir Nyamuk

Beberapa jenis bunga pengusir nyamuk ini wajib ditanam di halaman rumah agar kita sekeluarga bebas dari gigitannya yang menyebabkan gatal.

Nyamuk merupakan salah satu hewan pengganggu yang dikenal sebagai pembawa penyakit. Karena itu, beberapa jenis bunga pengusir nyamuk ini wajib ditanam di halaman rumah agar kita sekeluarga bebas dari gigitannya yang menyebabkan gatal.

Mungkin kamu bisa menggunakan cairan kimia anti serangga untuk mengusir nyamuk. Sayangnya, penyemprot anti serangga ini juga cukup berbahaya bagi kesehatan. Agar rumah terbebas nyamuk dan aman dari bahan kimia berbahaya, yuk tanam jenis-jenis bunga berikut ini untuk usir nyamuk dari rumah. Apa saja?

1. Bunga Lavender

Mengutip laman Enesis, jenis bunga pertama yang dapat mengusir nyamuk adalah lavender. Bunga jenis ini memang sudah cukup terkenal dengan keampuhannya dalam mengusir nyamuk. Lavender mengandung senyawa bernama linalool serta lynalyl asetat yang dapat menghasilkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk.

2. Bunga Balsam

Jenis Bunga Pengusir Nyamuk (via CNN Indonesia)

Pernah dengar tentang bunga balsam? Dibalik tampilannya yang cantik, ternyata bunga ini ampuh banget mengusir nyamuk lho. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu harus menghancurkan terlebih dahulu beberapa helai daunnya, kemudian letakkan bunga tersebut di tempat-tempat yang biasa dihinggapi nyamuk.

3. Rosemary

Jenis Bunga Pengusir Nyamuk (via Pixabay)

Selanjutnya, kamu juga bisa menanam bunga rosemary yang biasanya dijadikan bumbu masakan. Namun ternyata kegunaannya lebih dari itu. Bunga rosemary bisa mengusir nyamuk sekaligus sebagai aromaterapi. Selain itu, aroma dari rosemary dapat memberikan efek relaksasi saat dihirup.

4. Bunga Geranium

Jenis Bunga Pengusir Nyamuk (via Garden Design)

Terakhir, ada bunga geranium yang juga efektif mengusir nyamuk. Bunga ini memiliki aroma yang dibenci oleh nyamuk atau serangga lainnya, yakni aroma kuat seperti serai. Jenis bunga yang satu ini cukup mudah ditanam. Sebab, geranium adalah bungan yang bisa tumbuh subur pada daerah dengan iklim yang panas dan cerah.

Kau bisa menanam bunga tadi di dalam pot atau langsung di halaman rumah. Selain ampuh mengusir nyamuk, jenis bunga pengusir nyamuk  ini juga dapat membuat rumah kamu menjadi tampak lebih cantik.

Jenis Bunga Pengusir Nyamuk (via VOI)