5 Langkah Melakukan Double Cleansing yang Benar

Double cleansing adalah hal yang perlu untuk kamu ketahui dan lakukan agar kulitmu terus terawat serta sehat. Bagaimana ya caranya?

Setelah kulit lelah seharian, melakukan langkah double cleansing dengan benar adalah hal yang tepat agar kulit kembali segar dan siap untuk rutinitas perawatan kulit di malam hari. Dengan pembersihan ekstra, kotoran membandel di kulit bisa terangkat dan tak ada lagi pori-pori yang tersumbat, sehingga jerawat tidak akan mudah muncul.

Nah, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan double cleansing dengan efektif.

1. Mulailah dengan Pembersih Berbasis Minyak (Oil-Based Cleanser)

Sebagai langkah pertama double cleansing yang benar, pilih pembersih berbasis minyak untuk membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sisa produk yang bersifat waterproof seperti sunscreen atau maskara. Tuangkan permbersih ke permukaan kapas secukupnya dan aplikasikan ke wajah dengan gerakan lembut. 

2. Pijat Wajah dengan Lembut

Langkah Double Cleansing (via LOTTE Mart)

Kemudian gunakan ujung jari untuk memijat wajah dengan lembut. Pastikan untuk meratakan pembersih berbasis minyak ke seluruh wajah, termasuk daerah sekitar mata dan leher. Gerakan lembut ini membantu melarutkan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori. Hindari menggosok wajah secara kasar, terutama pada area yang sensitif, seperti mata.

3. Bilas dengan Air Hangat

Langkah Double Cleansing (via Tribunnews.com)

Setelah proses pemijatan, bilas wajah dengan air hangat. Air hangat membantu membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit untuk langkah kedua dalam double cleansing. Pastikan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sehingga tidak ada residu pembersih berbasis minyak yang tersisa.

4. Gunakan Pembersih Berbasis Air (Water-Based Cleanser)

Langkah Double Cleansing (via BukaReview)

Langkah selanjutnya dalam double cleansing adalah menggunakan pembersih berbasis air. Di step ini, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang yang sesuai dengan jenis kulitmu. Aplikasikan sabun ke wajah yang masih lembap dari langkah sebelumnya. Pembersih berbasis air membantu menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran yang mungkin masih tertinggal.

5. Pijat dan Bilas Kembali

Langkah Double Cleansing (via Rey.id)

Sama seperti langkah pertama, pijat wajah dengan singkat. Setelah itu, bilas wajah dengan air suhu ruang untuk mengangkat pembersih dan menutup pori-pori agar kulit segar dan bersih. Lalu, keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok wajah dengan kasar, cukup tepuk-tepuk lembut untuk mengeringkannya. Ini membantu mencegah iritasi dan mempertahankan kelembapan kulit.

Dengan mengikuti langkah double cleansing  yang benar setiap hari, kamu dapat merasakan manfaatnya untuk kulit yang bersih, sehat, dan siap untuk menerima perawatan lanjutan. Ingatlah untuk selalu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu agar mendapatkan hasil yang optimal.

Langkah Double Cleansing (via Hipwee)