Kamu Perlu Waspada! Inilah 5 Bahaya Mengonsumsi Daging Mentah

Daging mentah mengandung berbagai jenis bakteri yang bisa berbahaya bagi tubuh sehingga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi daging mentah.

Sebagai seseorang yang selalu tertarik dengan pengalaman baru, mungkin pernah terpikir olehmu untuk mengonsumsi daging mentah sebagai salah satu pengalaman kuliner yang unik. Namun tahukah kamu bahaya mengonsumsi daging mentah yang mungkin bisa terjadi?

Daging mentah mengandung berbagai jenis bakteri yang bisa berbahaya bagi tubuh sehingga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi daging mentah yang tidak diolah dengan baik. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa risiko yang mungkin terjadi jika kamu mengonsumsi daging mentah.

1. Gangguan Pencernaan

Bahaya mengonsumsi daging mentah yang pertama adalah dapat mengganggu sistem pencernaan. Daging mentah sulit dicerna oleh perut dan usus karena kandungan enzim dan bakteri yang belum matang sehingga bisa menyebabkan gejala seperti mual, kram perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Salmonelosis

Bahaya Mengonsumsi Daging Mentah (via Merdeka.com)

Salmonelosis, atau infeksi salmonella, adalah kondisi yang terjadi pada sistem pencernaan manusia yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini tidak hanya ada dalam daging mentah, tetapi juga dapat ditemukan dalam telur mentah atau susu yang belum dipasteurisasi. Ketika seseorang terinfeksi salmonella, gejala yang muncul adalah mual, muntah, diare, dan demam. Biasanya, gejala ini akan muncul antara 6 jam hingga 6 hari setelah terinfeksi oleh salmonella. 

3. Infeksi Escherichia Coli

Bahaya Mengonsumsi Daging Mentah (via SI SAN JUAN)

Daging mentah atau belum matang seutuhnya juga dapat mengandung berbagai jenis bakteri, salah satunya bakteri escherichia coli. Bila daging yang mengandung bakteri ini dikonsumsi, seseorang bisa berisiko terkena infeksi E. coli. Seseorang yang terinfeksi bakteri ini umumnya mengalami gejala serupa salmonelosis yaitu berupa diare, kram perut, mual, muntah, atau BAB berdarah. 

4. Infeksi Cacing Pita

Bahaya Mengonsumsi Daging Mentah (via DokterSehat)

Bahaya lain yang mengintai apabila kamu mengonsumsi daging mentah adalah infeksi cacing pita atau juga dikenal sebagai taeniasis. Cacing pita biasanya terdapat pada daging sapi atau daging babi yang masih mentah atau kurang matang. Infeksi cacing pita kerap menimbulkan berbagai gejala, mulai dari mual, muntah, demam, sakit perut, penurunan nafsu makan, hingga penurunan berat badan. Jika dibiarkan, cacing pita bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dan kerusakan organ internal. 

Menghindari mengonsumsi daging  mentah adalah langkah penting untuk mencegah terjadinya infeksi serius dan memastikan kesehatan pencernaan yang baik. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa daging yang dikonsumsi telah dimasak dengan hingga matang untuk menghindari risiko infeksi bakteri yang dapat membahayakan kesehatan kamu.

Bahaya Mengonsumsi Daging Mentah (via Yoursay)