4 Cara Efektif untuk Mencegah Munculnya Kerak Kamar Mandi

Kamu perlu mencegah munculnya kerak kamar mandi karena jika kamar mandi sudah terlanjur berkerak, kamu akan memerlukan tindakan ekstra untuk menghilangkannya.

Kamu pasti setuju jika kerak kamar mandi tidak hanya mengganggu estetika, tetapi juga dapat menyebabkan lingkungan tidak sehat. Nah, kamar mandi sendiri adalah lingkungan ideal munculnya kerak dan jamur membandel.

Karena itu, kamu perlu mencegah munculnya kerak kamar mandi karena jika kamar mandi sudah terlanjur berkerak, kamu akan memerlukan tindakan ekstra untuk menghilangkannya. Sebelum itu terjadi, kamu bisa melakukan beberapa langkah efektif untuk mencegah timbulnya kerak.

1. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan dan menyikat kamar mandi secara teratur adalah kunci utama dalam mencegah munculnya kerak dan jamur. Kamu dapat membersihkan permukaan kamar mandi setidaknya sekali seminggu dengan menggunakan pembersih khusus yang mengandung bahan anti-jamur.

Lalu, menyikat permukaan kamar mandi secara teratur dapat menghilangkan sisa-sisa sabun, minyak, dan kotoran lainnya yang mampu memicu tempat tumbuhnya kerak. Sikatlah setidaknya 2 kali seminggu untuk mencegah munculnya kerak membandel.

2. Keringkan Permukaan Kamar Mandi Setelah Dipakai

Mencegah Kerak Kamar Mandi (via Rukita.co)

Setelah menggunakan kamar mandi, pastikan untuk mengeringkan permukaan kamar mandi menggunakan kain lap atau squeegee. Bagian keran, kaca, cermin, dan permukaan wastafel perlu mendapat perhatian khusus Ketika dikeringkan setelah digunakan. 

3. Gunakan Sirkulasi Udara Yang Baik

Mencegah Kerak Kamar Mandi (via News Tron)

Kerak bisa muncul karena sirkulasi udara yang tidak baik. Karenanya, pastikan kamar mandi memiliki sirkulasi udara yang baik dengan memasang ventilasi atau menggunakan exhaust fan. Udara segar dapat membantu mengurangi kelembapan di kamar mandi, sehingga mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur dan kerak.

4. Gunakan Cuka atau Pembersih Anti Kerak

Mencegah Kerak Kamar Mandi (via KOMPAS.com)

Beruntunglah kita karena hidup di zaman yang serba mudah. Pasalnya, ada banyak produk perawatan khusus anti kerak bisa digunakan untuk mencegah munculnya kerak di kamar mandi. Pilih pembersih yang mengandung bahan anti kerak dan jamur untuk menghilangkan bibit-bibit kerak yang ada di kamar mandi. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cuka membersihkan kerak kamar mandi. Cuka adalah bahan alami yang efektif untuk membersihkan dan mencegah munculnya kerak kamar mandi. Campurkan cuka dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan pada area yang rentan terhadap kerak. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan di atas secara konsisten, kamu bisa mencegah kerak kamar mandi dengan lebih efektif. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan kamar mandi, langkah ini juga dapat membuatnya tetap terlihat bersih. Yuk, semangat mendapatkan kamar mandi yang bersih dan bebas kerak!

Mencegah Kerak Kamar Mandi (via Griya Satria)