7 Cara Menyimpan Rempah yang Tepat Agar Awet Lebih Lama dan Tetap Segar

Seringkali karena cara menyimpan rempah yang tidak tepat, bumbu yang digunakan jadi berjamur dan segar sehingga tidak bisa digunakan.

Memiliki stok bumbu dan rempah  di dapur merupakan hal penting agar kita bisa memasak lebih cepat karena semua kebutuhan bumbu masakan sudah tersedia. Namun, seringkali karena cara menyimpan rempah yang tidak tepat, kita menghadapi masalah karena rempah yang kita simpan justru berjamur, hilang aromanya, dan sudah tidak segar sehingga tidak bisa digunakan.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan rempah dengan tepat agar bumbu dapur satu ini ini dapat awet lebih lama. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Simpan di Tempat yang Tertutup Rapat

Salah satu cara terbaik menyimpan rempah adalah dengan menaruhnya dalam wadah yang kedap udara atau kemasan yang rapat. Hal ini akan membantu mencegah udara untuk masuk dan mempertahankan kelembapan serta kesegaran rempah dalam waktu yang lama.

2. Gunakan Wadah yang Bersih dan Kering

Cara Menyimpan Rempah (via Dream.co.id)

Sebelum menyimpan rempah, pastikan wadah atau kemasan yang kamu gunakan benar-benar bersih dan kering. Kelembapan yang terperangkap di dalam wadah dapat menyebabkan rempah menjadi basah dan berjamur.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Cara Menyimpan Rempah (via Bobo.ID)

Paparan sinar matahari langsung dapat mempercepat proses oksidasi pada rempah-rempah, yang mengakibatkan hilangnya aroma dan rasa. Karena itu, pastikan kamu menyimpan rempah dalam tempat yang terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

4. Jauhkan dari Panas dan Kelembapan

Cara Menyimpan Rempah (via Sajian Sedap)

Rempah cenderung mudah rusak jika terpapar panas dan kelembapan tinggi. Sehingga, cara menyimpan rempah yang benar agar rempah tetap segar adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpan rempah di dekat kompor atau area dapur yang lembap.

5. Labeli dengan Tanggal Penyimpanan

Cara Menyimpan Rempah (via Kapanlagi Plus)

Untuk memudahkan kamu dalam memantau kesegaran rempah berdasarkan umur simpannya, sebaiknya kamu menuliskan tanggal penyimpanan pada wadah atau kemasan. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah mengetahui kapan rempah perlu diganti dengan yang baru.

Umur simpan beberapa rempah berbeda-beda tergantung dari cara penyimpanan, untuk herba kering seperti oregano, daun salam, basil memiliki umur simpan antara 1 hingga 3 tahun. Untuk rempah bubuk seperti bawang putih, jahe, kunyit bubuk bisa disimpan lebih lama yaitu 2 sampai 3 tahun.  

6. Pilih Wadah yang Tepat

Cara Menyimpan Rempah (via IDN Times)

Beberapa rempah mungkin lebih baik disimpan dalam bentuk utuh, sementara yang lainnya lebih baik dalam bentuk bubuk. Pastikan kamu menyimpan rempah di wadah yang sesuai dengan bentuk dan kebutuhan untuk mempertahankan kualitasnya.

7. Penyimpanan dalam Freezer

Cara Menyimpan Rempah (via Cookin.ID)

Untuk rempah-rempah tertentu yang rentan cepat basi, seperti daun ketumbar atau daun kari, kamu dapat mempertimbangkan untuk menyimpannya di dalam freezer. Penggunaan kantong ziplock atau wadah kedap udara akan membantu mencegah pembentukan kristal es yang dapat merusak tekstur rempah.

Dengan mengikuti cara menyimpan rempah  di atas, kamu dapat menyimpan rempah dengan tepat sehingga dapat awet lebih lama dan tetap memberikan cita rasa yang segar pada masakanmu. Semoga bermanfaat!

Cara Menyimpan Rempah (via harian muba)