Bisa Bahaya, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Setelah Berhubungan Intim

Setelah berhubungan intim dengan pasangan, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari. Apa saja itu?

Apakah pernah terpikir olehmu jika ternyata ada beberapa tips setelah berhubungan intim  dan beberapa hal yang sebaiknya dihindari setelahnya? Berhubungan intim memiliki banyak manfaat jika dilakukan dengan tepat.

Mulai dari manfaat kesehatan hingga mempertahankan kedekatan dan keintiman dengan pasangan. Namun nyatanya, manfaat tersebut bisa saja hilang jika kamu melakukan hal yang tidak tepat setelahnya. Agar mendapatkan manfaat secara maksimal, kamu perlu kenali apa saja yang sebaiknya dihindari setelah berhubungan intim.

1. Jangan Langsung Tidur

Setelah momen intim, jangan terburu-buru untuk tidur, mengecek ponsel atau terlibat dalam aktivitas yang menghilangkan suasana romantis. Luangkan waktu sejenak untuk berpelukan atau berbicara santai dan menikmati kebersamaan. Hal ini dapat mempererat ikatan emosional antara kamu dan pasangan.

2. Menahan Buang Air Kecil

Tips Setelah Berhubungan Intim (via Tribunnews.com)

Menahan keinginan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim dapat meningkatkan risiko infeksi pada organ intim, terutama bagi wanita. Gesekan selama hubungan seksual meningkatkan risiko iritasi atau luka pada vagina, sehingga penting untuk buang air kecil dalam waktu satu jam setelah berhubungan seks.

3. Hindari Penggunaan Tisu Basah

Tips Setelah Berhubungan Intim (via Grid Health)

Menggunakan tisu basah memang seringkali dianggap sebagai solusi membersihkan miss V maupun Mr P setelah melakukan hububungan. Meski demikian, hal ini sebaiknya dihindari perempuan setelah berhubungan intim adalah membersihkan vagina dengan tisu basah karena bisa menyebabkan iritasi pada area sensitif tersebut. Hindari penggunaan tisu basah yang mengandung bahan kimia atau alkohol yang dapat memicu reaksi iritasi seperti kemerahan, gatal, atau nyeri.

Jangan Berendam Air Hangat

Tips Setelah Berhubungan Intim (via Dream.co.id)

Sebenarnya tidak ada larangan khusus terkait berendam air hangat setelah berhubungan intim. Meski demikian, beberapa ahli percaya bahwa berendam air hangat setelah berhubungan intim dapat meningkatkan risiko infeksi pada organ intim, terutama pada wanita. Nyatanya setelah penetrasi, vagina lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Dikhawatirkan, dengan berendam, mikroba dalam air akan berpindah dan menginfeksi organ kewanitaanmu. 

5. Hindari Diskusi Intens

Tips Setelah Berhubungan Intim (via Alodokter)

Hindari membahas topik sensitif atau masalah yang memicu konflik langsung setelah momen intim. Biarkan momen keintiman itu berdiri sendiri tanpa stres dari diskusi yang intens. Berikan waktu bagi kamu dan pasangan untuk menikmati momen tersebut.

Itulah tips setelah berhubungan intim  tentang enam hal yang sebaiknya dihindari setelah berhubungan intim bersama pasangan. Ingatlah, setiap hubungan memiliki dinamika yang berbeda. Namun, menghargai dan memperhatikan satu sama lain setelah momen intim dapat memperkuat ikatan emosional dan fisik di antara kalian.

Tips Setelah Berhubungan Intim (via Hai Bunda)