Pengantin Baru Wajib Baca! Ini Dampak Positif Tinggal Terpisah dari Orang Tua Setelah Menikah

Setelah menikah memang sebaiknya segerakan untuk tinggal terpisah dari orang tua agar lebih leluasa. Memang apa saja dampak positifnya?

Ada banyak dampak positif terpisah dari orang tua setelah menikah. Oleh karena itu, sebelum menikah kamu dan pasangan wajib membicarakan tentang tempat tinggal setelah menikah. Apa masih mau bersama orang tua atau langsung hidup berdua hanya dengan pasangan .

Memutuskan mau tinggal di mana setelah menikah memang bukan hal mudah. Namun, hal tersebut harus dipikirkan matang-matang demi kenyamanan satu sama lain. Buat kamu yang berencana akan menikah dalam waktu dekat, coba intip beberapa dampak positif yang bisa kamu rasakan jika kamu tinggal terpisah dari orang tua setelah menikah.

1. Adanya Privasi

Mengingat kamu dan pasangan telah menikah, tentu saja kamu membutuhkan ruang privasi yang lebih luas dibandingkan saat masih lajang. Ketika kamu hidup terpisah dari orang tua setelah menikah, kamu dan pasangan akan memiliki kebebasan lebih untuk menentukan keputusan apa pun. Dengan begitu, kamu bisa lebih mandiri dan ruang pribadimu tidak akan dicampuri oleh orang tua atau pun mertua.

2. Minim Konflik

Dampak Positif Terpisah dari Orang Tua (via Beautynesia)

Perbedaan pandangan dengan orang tua setelah menikah adalah hal yang wajar. Namun, jika terjadi setiap hari maka bisa menjadi konflik berkepanjangan. Maka dari itu, hidup terpisah dari orang tua akan meminimalisir konflik yang mungkin saja terjadi. Lalu, hubunganmu dengan orang tua akan lebih baik setiap kamu datang berkunjung.

3. Lebih Fokus

Dampak Positif Terpisah dari Orang Tua (via Hipwee)

Setelah menikah umumnya orang akan menghadapi masalah yang lebih kompleks dibandingkan ketika dia masih lajang. Jika kamu tinggal bersama orang tua, maka kamu akan kesulitan fokus pada satu hal. Pikiranmu akan terpecah memikirkan banyak hal.

4. Lebih Mandiri

Dampak Positif Terpisah dari Orang Tua (via Beautynesia)

Sebelum menikah mungkin kamu menggantungkan banyak hal pada orang tua. Mulai dari pakaian hingga keuangan. Namun setelah menikah, kamu akan belajar untuk menyelesaikan segala bentuk permasalahan rumah tangga bersama pasangan tanpa campur tangan orang tua. Jika kamu tinggal bersama orang tua, bisa saja mereka akan terus tertarik untuk ikut campur masalah rumah tanggamu dengan pasangan.

5. Minim Intervensi

Dampak Positif Terpisah dari Orang Tua (via Indonesian Free)

Ketika tinggal terpisah dengan orang tua, maka kamu akan bisa mengambil keputusan dan melakukan tindakan dengan leluasa, misalnya terkait pengelolaan keuangan, pengaturan rumah, hingga cara mendidik anak. Dengan demikian, kamu bisa melangkah menghadapi apapun tanpa keraguan.

Itu adalah beberapa dampak positif jika kamu tinggal terpisah dengan orang tua setelah menerikah. Setelah kamu mengetahui apa saja dampak positif terpisah dari orang tua setelah menikah, kira-kira kamu ingin tinggal di mana setelah ini bersama pasangan?

Dampak Positif Terpisah dari Orang Tua (via GenPi)