Deretan Makanan yang Ampuh Memperkuat Tulang Kalian

Tahukah kamu? bahwa beberapa makanan ini, jika kalian konsumsi secara rutin akan memberikan efek yang baik bagi tulang kalian lho? Makanan sapa sajakah?

Banyak kan dari kalian, yang ingin mempunyai tulang yang sehat dan juga kuat? Tentu saja banyak kan, karena dengan memiliki tulang yang sehat dan kuat, dapat kalian gunakan dalam melakukan aktivitas harian bukan?

Namun, tahukah kalian? Dengan bertambahnya usia kalian, nantinya kekuatan dan kepadatan tulang biasanya akan mengalami penurunan lho gengs. Hal tersebut terjadi, lantaran menurunnya kesehatan tulang dan kurangnya asupan kalsium dan vitamnin D.

Maka dari itu, baiknya mulai dari sekarang kalian sering-sering mengkonsumsi asupan kalsium dan vitamin deh gengs. Supaya tulang kalian akan tetap sehat dan kuat. Pasalnya, kedua komponen tersebut sangat membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang, baik itu untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa lho gengs.

Mungkin banyak dari kalian dalam rangka memenuhi asupan kalsium dan vitamin yakni dengan mengkonsumsi susu. Ternyata, tidak hanya susu sebagai bahan makanan yang ampuh neningkatkan kesehatan tulang gengs, melainkan ada beberapa jenis makanan yang juga tak kalah ampuh dikonsumsi, supaya tulang sehat dan tetap kuat, meski digerus usia.

Lantas makanan apa saja, yang ampuh untuk mennyehatkan dan menguatkan tulang? Yuk simak.

Tulang bermasalah (liputan6.com)

1. Ubi

Ubi tak hanya sebagai menu makanan untuk kalian yang sedang melaksanakan program diet, ternyata ubi juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kekuatan tulang kalian. Karena ubi mengandung potasium dan magnesium, yang dapat membantu menyeimbangkan keasaman di dalam tubuh. Pasalnya dengan mencukupi asupan potasium dan magnesium, maka akan mencegah pengeroposan yang dikarenakan larutnya kalsium di dalam tulang.

Ubi (hellosehat.com)

2. Tahu

Meski harganya murah meriah, namun jangan salah sangka, ternyata tahu kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi lho gengs. Selain itu, tahu juga kaya akan kalsium, beberapa mineral yang bermanfaat dan mengandung esterogen. Dimana esterogen ini, memiliki peran penting dalam rangka menjaga serta memaksimalkan pertumbuhan tulang.

Tahu (merdeka.com)

3. Yoghurt

Jika kalian bosan dengan susu, kalian bisa menggantinya dengan yoghurt. Yoghurt dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan tulang. Karena minuman bercita rasa asam ini, mampu mencukupi kebutuhan kalsium, protein dan sedikit vitamin D di dalam tubuh. Jika kalian mengkonsumsi minuman ini secara rutin, nantinya dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mempercepat penyembuhan bagian tulang yang rusak.

Yoghurt (bbc.com)

4. Wijen

Wijen memiliki cita rasa yang gurih, selain itu wijen juga ternyata menyimpan kandungan kalsium yang cukup tinggi lho gengs. Totalnya mencapai 900 miligram dalam setiap 100 gram biji wijen. Kandungan kalsium tersebut, berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang, bahkan di usia lanjut lho. Baiknya jika kalian menambahkan wijen pada menu makanan sehari-hari, dengan begitu maka dapat meningkatkan kekuatan gigi dan melarutkan plak penyebab bau mulut. Wah banyak juga yak khasiat dari wijen.

Wijen (nangimam.com)

5. Bayam

Kalo sayuran satu ini, pasti kalian sudah banyak yang tahu kan  manfaanya? Ya, bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Seperti vitamin K, C, A, zat besi dan beberapa mineral penting lainnya. Sayur favorit tokoh kartun Popeye ini ternyata ampuh menurunkan resiko degenerasi tulang saat memasuki usia lanjut seperti osteoporosis, nyeri sendi hingga asam urat.

Bayam (lifestyle.sindonews.com)

6. Salmon

Dan yang terakhir ini adalah Salmon. Salmon memiliki asupan vitamin D, dimana vitamin tersebut rupanya cukup berguna untuk memaksimalkan penyerapan kalsium, sehingga tulang tidak mudah keropos. Selain meningkatkan kesehatan tulang, salmon juga dapat memperkuat enamel atau lapisan gigi agar tidak mudah berlubang lho gengs. Baiknya jika kalian mengkonsumsi salmon setiap hari deh.

Rupanya selain berolahraga dan minum susu, kalian juga harus mengkonsumsi jenis-jenis makanan diatas deh gengs. Pasalnya makanan diatas juga mempunyai beragam manfaat yang baik untuk proses penguatan tulang kalian. Selamat mencoba yak gengs.

Salmon (foodnetwork.com)