4 Penyebab Rambut Rusak yang Wajib Dihindari, Sudah Tahu Belum?

Sebelum terlalu parah, kamu wajib banget tahu apa saja penyebab rambut rusak agar kamu bisa segera menghindarinya.

Rambut rusak tentu bukanlah masalah sepele. Sebelum terlalu parah, kamu wajib banget tahu apa saja penyebab rambut rusak agar kamu bisa segera menghindarinya. Rambut rusak memang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Jadi jangan dibiarkan, ya. Semakin dibiarkan maka kerusakannya akan semakin parah. Sebelum terlambat, yuk cari tahu apa saja penyebab rambut rusak agar bisa dihindari sedari dini.

1. Membungkus Rambut dengan Handuk

Sering membungkus rambut terlalu kuat dengan handuk setelah keramas ternyata dapat merusak rambut, lho.  Terlebih jika handuk kamu terbuat dari bahan yang kasar. Daripada membungkus rambut hingga kering, sebaiknya setelah keramas gosok rambut perlahan agar rambut tidak mudah rusak.

2. Terlalu Sering Keramas

Penyebab Rambut Rusak (via herstory.co.id)

Mungkin sebagian orang berpendapat kalau semakin sering keramas akan membuat rambut semakin bersih. Padahal anggapan itu keliru, lho. Terlalu sering keramas justru dapat membuat minyak alami di kulit kepala hilang. Kalau sudah begitu, maka rambut bisa menjadi kering dan rusak. Perhatikan jenis rambutmu dan sesuaikan kebutuhan keramas dengan jenis rambutmu ya!

3. Pemakaian Bahan Kimia

Penyebab Rambut Rusak (via Alodokter)

Perlu diketahui, proses mengecat rambut menggunakan bahan kimia dapat berpengaruh pada lapisan rambut dan dapat merusak struktur rambut apabila tidak ditangani dengan benar. Selain cat rambut, jenis perawatan rambut untuk meluruskan dan melembutkan rambut yang menggunakan bahan kimia juga dapat memengaruhi keratin rambut. Perawatan ini disebut memiliki efek samping dapat merusak rambut, menimbulkan rasa terbakar, rambut rontok, dan menjadikan rambut kering.

4. Terlalu Sering Menggunakan Alat Penata Rambut

Penyebab Rambut Rusak (via Hair Energy)

Terakhir, terlalu sering menggunakan alat penata, seperti catok atau alat pengeriting rambut juga dapat merusak rambut, lho. Itu karena alat-alat tersebut dapat menghasilkan panas tinggi yang menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rentan patah.

Setelah tahu apa saja penyebab rambut  rusak, mulai sekarang sebaiknya rawat rambut kamu dengan baik, ya. Styling rambut sebenarnya bukan masalah, hanya saja imbangi dengan penggunaan vitamin rambut dan produk perawatan rambut lainnya, terutama yang berbahan alami agar rambut tetap sehat.

Penyebab Rambut Rusak (via BukaReview)