4 Kesalahan Saat Traveling yang Sering Dilakukan, Sepele Tapi Fatal!

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para traveler dan kamu perlu tahu agar tidak melakukan hal yang sama. Apa saja?

Traveling merupakan kegiatan menyenangkan, terlebih jika kamu berkunjung ke tempat baru yang menawarkan sejuta keindahan. Namun, jika kamu melakukan banyak kesalahan saat traveling, liburanmu akan berubah menjadi menyedihkan.

Sebenarnya dengan persiapan, kamu dengan mudah bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Sayangnya, banyak orang yang meremehkan hal tersebut, sehingga kesalahan yang sudah pernah dilakukan justru berulang pada liburan selanjutnya. Lantas, kesalahan saat traveling apa saja yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Membawa Barang Terlalu Banyak

Tahu nggak sih, orang tanpa sadar seringkali membawa barang terlalu banyak saat berpergian. Mereka biasanya beralasan karena khawatir sewaktu-waktu membutuhkan barang tersebut. Padahal, belum tentu butuh kan.

Terlalu banyak membawa barang akan menyulitkan kamu membawa koper. Belum lagi kamu akan terkena biaya bagasi tambahan yang tidak murah tentunya.

2. Tidak Menukar Mata Uang

Kesalahan Saat Traveling (via Antara Kalteng)

Saat traveling ke luar negeri, tentu saja kamu membutuhkan uang dengan mata uang negara tujuan kamu. Dari pada kamu tertipu saat menukarkan uang di money changer yang tidak dikenal. Sebaiknya, tukarkan uangmu jauh-jauh hari di money changer langganan kamu, dan pastikan juga kredibilitasnya, agar kamu nggak kena tipu selisih mata uang.

3. Tidak Memakai Asuransi Perjalanan

Kesalahan Saat Traveling (via IDN Times)

Sebagian orang mungkin merasa kalau asuransi perjalanan bukanlah hal penting. Padahal, asuransi perjalanan berguna untuk melindungi kamu dari kerugian finansial. Salah satunya, bisa melindungi kamu dari pembatalan mendadak dan biaya medis mendadak, bahkan kehilangan barang.

Selain itu, beberapa polis asuransi perjalanan mencakup pertanggungan tanggung jawab hukum jika traveler terlibat dalam kecelakaan atau menyebabkan kerugian kepada orang lain saat bepergian ke luar negeri. Selain itu, asuransi perjalanan juga dapat mencakup biaya evakuasi darurat dalam situasi-situasi seperti bencana alam, kerusuhan, atau keadaan darurat lainnya yang memerlukan evakuasi dari tempat tujuan..

4. Tidak Memerhatikan Detail Reservasi

Kesalahan Saat Traveling (via Inc. Magazine)

Biasanya hanya sedikit orang membaca reservasi liburan secara detail. Padahal hal tersebut bisa membuat kamu kebingungan di tengah perjalanan dan di tempat tujuan. Ada baiknya, simpan rencana perjalanan kamu dalam ponsel atau saku tas agar kamu mudah mengakses informasi mengenai perjalanan liburan kamu.

Itulah beberapa kesalahan saat traveling  yang biasanya dilakukan oleh para traveler. Selanjutnya, perhatikan betul kesalahan saat traveling yang sudah disebutkan tadi, ya. Semua itu demi kelancaran dan kenyamanan liburan kamu. Semoga perjalananmu menyenangkan!

Kesalahan Saat Traveling (via detikTravel)