5 Fobia yang Dapat Mengganggu Hubungan dan Perlu Kamu Waspadai

Perlu kamu ketahui dan waspadai, bahwa ada beberapa fobia yang bisa mengganggu hubunganmu. Apa saja ya?

Fobia atau rasa takut berlebihan terhadap suatu objek atau situasi, dapat menjadi batu sandungan serius dalam menjalin hubungan. Tak jarang, fobia yang mengganggu hubungan ini dapat merusak ikatan yang telah dibangun dengan susah payah.

Lalu, apa saja fobia yang dapat mengganggu hubunganmu dengan pasangan? Berikut ini adalah beberapa fobia yang dapat menjadi penghalang keharmonisanmu dengan pasanganmu.

1. Gamophobia

Fobia yang dapat mengganggu hubungan yang pertama adalah gamophobia. Fobia ini menciptakan rasa takut yang sangat ekstrem terhadap pernikahan dan komitmen dalam hubungan, sehingga individu yang mengalaminya menghadapi kesulitan untuk menjalin hubungan jangka panjang. Kondisi ini tentu akan membatasi kemampuan seseorang untuk menjalani hubungan lebih lanjut.

2. Philemaphobia

Fobia yang Mengganggu Hubungan (via SINDOnews.com)

Philemaphobia adalah jenis fobia yang membuat seseorang takut untuk berciuman karena ketakutan akan kuman di mulut. Orang yang mengalami fobia ini tidak ingin terkena bau mulut dan sulit untuk dihadapi. Fobia ini bisa dipicu dari pemahaman yang salah atau pola asuh ‘terlalu bersih’ yang diterapkan pada anak.

Dalam menjalani hubungan, seorang dengan fobia ini akan menghindari kontak fisik atau berciuman yang tentunya akan sangat sulit untuk dilakukan jika sudah dalam pernikahan.

3. Haphephobia atau Chiraptophobia

Fobia yang Mengganggu Hubungan (via Hello Sehat)

Haphephobia adalah fobia terhadap sentuhan fisik, bahkan dengan pasangan sendiri. Bagi pasangan yang sudah menikah, ini dapat memengaruhi romantisme hubungan. Kurangnya sentuhan akan membuat hubungan menjadi renggang, apalagi jika pasangan memiliki love language berupa sentuhan fisik.

4. Allodoxaphobia

Fobia yang Mengganggu Hubungan (via Wolverhampton Hypnotherapy)

Allodoxaphobia merupakan fobia terhadap mendengar pendapat, konfrontasi, dan argumen dari orang lain, termasuk pasangan sendiri. Menjalin hubungan tentu didasarkan pada komunikasi yang baik antarpasangan, karena segala ujian dalam hubungan tentu dapat dilalui bersama dengan baik jika ada komunikasi yang baik dan kerja sama. Maka dari itu, seseorang yang memiliki fobia ini akan cenderung menghindari masalah dan membuat hubungan menjadi tidak sehat.

5. Genophobia

Fobia yang Mengganggu Hubungan (via AkarpadiNews)

Genophobia adalah fobia pada wanita yang muncul karena perasaan takut akan seks. Seseorang yang memiliki fobia ini akan takut bahkan hanya karena pembahasan seks, karena itu mereka cenderung menghindari penetrasi atau aktivitas seksual lainnya, yang tentu akan mengganggu keharmonisan hubungan dalam pernikahan.

Semua fobia  di atas dapat mengganggu hubungan yang harmonis. Namun, segala jenis fobia yang mengganggu hubungan dapat diatasi dengan tindakan yang tepat, kesabaran, pemahaman, dan komunikasi terbuka antara pasangan. Bekerja sama untuk mengatasi ketakutan ini dapat memperkuat ikatan emosional dan meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan asmara. Hubungan yang kuat tentu layak diperjuangkan, bukan?

Fobia yang Mengganggu Hubungan (via Med Decisions)