Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tips Menggunakan Paylater Tanpa Terlilit Utang

Paylater memang bisa menjadi sebuah solusi untuk menstabilkan keuangan, terutama jika menerapkan beberapa tips berikut agar lebih aman tanpa hutan. Apa saja ya?

Saat ini paylater merupakan salah satu jenis pembayaran yang banyak diminati masyarakat karena dinilai memudahkan . Apalagi, semua bisa diakses secara online. Namun, jangan gegabah dalam penggunaannya ya.

Kamu harus tahu tips menggunakan payalter dengan aman tanpa terlilit utang biar nggak merugikan diri sendiri. Buat kamu yang ingin menggunakan paylater dengan aman, coba cek dulu tips berikut ini agar menjadi utang di akhir bulan. Apa saja ya?

1. Prioritaskan Kebutuhan

Mengutip laman dbs.id, hal pertama yang harus kamu lakukan agar tidak terlilit utang akibat paylater adalah dengan membuat skala prioritas. Rencana pengeluaran memang wajib untuk dilakuin dan dipahami. Dengan begitu, kamu akan lebih berhati-hati dalam berbelanja. Utamakan kebutuhanmu, bukan keinginanmu. Terlebih ketika kamu belum memiliki cukup uang untuk berbelanja.

2. Manfaatkan Diskon

Tips Menggunakan Paylater dengan Aman (via Sribuu)

Selain memprioritaskan kebutuhan, kamu juga bisa memanfaatkan diskon yang banyak diberikan e-commerce. Potongan harga yang cukup besar bisa mengurangi beban pengeluaran paylater kamu. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran dan memperbanyak keuntungan kan?

3. Bayarlah Tepat Waktu

Tips Menggunakan Paylater dengan Aman (via Harmony accounting)

Selanjutnya, kamu harus berkomitmen untuk membayar tagihan paylater tepat waktu. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari denda. Agar kamu bisa membayar tagihan paylater tepat waktu, maka sebaiknya bayar cicilan tersebut sebelum belanja bulanan. Jadi pembayaran tidak akan terlewat karena kehabisan uang.

4. Segera Lunasi Tagihan

Tips Menggunakan Paylater dengan Aman (via KoinWorks)

Meski tagihan paylater bisa dibayar setiap bulan, tetapi kalau kamu memiliki rezeki lebih sebaiknya segera lunasi tagihan tersebut sedini mungkin. Dengan begitu, ketika kamu membutuhkan paylater lagi di satu waktu, kamu tetap bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan limit yang lebih besar.

5. Gunakan Hanya dalam Keadaan Darurat

Tips Menggunakan Paylater dengan Aman (via Ajaib)

Agar kamu tidak menumpuk utang akibat paylater, sebaiknya gunakan fitur bayar nanti ini dalam keadaan yang benar-benar darurat saja. Jika tidak terlalu mendesak, sebaiknya skip fitur yang satu ini dan bayar secara cash.

Demikian tips menggunakan paylater  dengan aman tanpa terlilit utang. Mulai sekarang, pilih secara jeli kebutuhan mana yang perlu didahulukan, agar kamu terhindar dari sifat konsumtif dan utang pada akhirnya.

Tips Menggunakan Paylater dengan Aman (via Finetiks)