Arti dan Jenis Orang yang Rentan Terkena Kejahatan Siber, Kamu Salah Satunya?

Hati-hati, gini lho jenis orang yang rentan terkena kejahatan siber.

Mungkin kalian lumayan sering mendengar istilah kejahatan siber. Entah itu di media sosial, televisi atau mungkin dari obrolan seseorang yang duduk di kursi seberangmu pada sebuah kafe.

Namun, apakah kamu mengetahui benar apa itu kejahatan siber? Bagaimana operasinya, kerugian macam apa yang ditimbulkan, lalu jenis orang seperti yang rentan menjadi korban?

Nah, buat kalian yang penasaran, baca keterangan di bawah ya. Tim Paragram sudah menyusun beberapa daftar mengenai kejahatan siber, nih. Semoga bisa jadi panduan kalian dalam berseluncur dan menjadi netizen.

Memahami kejahatan siber

Kejahatan siber adalah aktivitas kejahatan yang dilakukan di dunia digital menggunakan perangkat teknologi. Sederhananya, kejehatan siber adalah kejahatan dunia maya.

Kejahatan siber (fbi.gov)

Jenisnya pun terdiri dari banyak banget, lho. Bisa jadi pemalsuan identitas di media sosial, ujaran kebencian, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit, pornografi anak, atau tindak pembobolan komputer tanpa otoritas.

Jenis orang yang rentan menjadi korban

Nah, berdasarkan penelitian terbaru, ada jenis-jenis orang tertentu yang rentan terkena kejahatan siber. Hasil penelitian ini diperoleh dari kajian profesor kriminolog yang berasal dari Michigan State University, Tomas Holt.

Kejahatan siber (Kejahatan siber (tech.economictimes.indiatimes.com)

Menurutnya, orang-orang yang kurang menghargai diri sendiri adalah yang memiliki kemungkinan paling besar.

Rendahnya penghargaan diri itu pun terpecah ke dalam beberapa sifat yang dimiliki manusia. Di antaranya adalah impulsif, berpikiran sempit, sembrono, dan tingkat kepuasan diri.

Kejahatan siber (hub.packtpub.com)

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan penghargaan diri. Bagaimanapun, hal itulah yang nantinya akan menjadi pencegah paling utama dari kita untuk menjadi sosok yang jauh dari kejahatan siber.

Kejahatan siber (pakistantoday.com.pk)