6 Strategi Penting untuk Menghemat Pengeluaran Saat Lebaran

Menghemat pengeluaran saat lebaran adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena seringkali biaya yang dikeluarkan tiba-tiba membludak.

Sebentar lagi kita akan menyambut datangnya bulan Ramadan yang diikuti oleh Hari Raya Idul Fitri. Momen sekali setahun ini selalu dinanti sehingga seringkali dirayakan bersama keluarga dengan meriah dan cenderung berlebihan.

Padahal, menghemat pengeluaran saat lebaran adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena seringkali biaya yang dikeluarkan untuk merayakan Lebaran  justru menjadi beban keuangan yang cukup besar bagi banyak orang.

Agar tidak terlalu menguras kantong, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat pengeluaran saat lebaran:

1. Buat Anggaran Terperinci

Mulailah dengan membuat anggaran yang jelas untuk semua pengeluaran yang akan kamu keluarkan selama lebaran, termasuk untuk makanan, hadiah, dan transportasi. Dengan memiliki anggaran yang terperinci, kamu bisa lebih mudah mengontrol pengeluaranmu dan menghindari pemborosan.

2. Rencanakan Menu Makanan dengan Bijak

Salah satu pengeluaran terbesar selama lebaran adalah biaya makanan dan minuman untuk disantap bersama keluarga. Agar lebih hemat, rencanakan menu makanan yang mudah dan belilah bahan-bahan yang diperlukan dalam jumlah yang tepat. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan oleh supermarket atau pasar tradisional.

3. Manfaatkan Diskon dan Promo

Menghemat Pengeluaran Saat Lebaran (via HappyFresh)

Jangan ragu untuk memanfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan oleh berbagai toko dan pusat perbelanjaan menjelang lebaran. Cari tahu promo-promo yang tersedia dan bandingkan harga dari beberapa tempat sebelum memutuskan untuk membeli barang tertentu.

Kamu juga bisa memilih produk lokal atau buatan sendiri untuk keperluan lebaranmu. Selain dapat mendukung perekonomian lokal, produk-produk dalam negeri cenderung lebih terjangkau.

4. Lakukan Persiapan Sendiri 

Alihkan beberapa kegiatan persiapan lebaran seperti memasak kue kering, membuat hiasan rumah, atau mendekorasi kue lebaran menjadi kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Selain lebih hemat, cara ini juga bisa menjadi momen berkualitas berkumpul dan berkegiatan bersama keluarga.

5. Buat Hadiah Sendiri

Menghemat Pengeluaran Saat Lebaran (via Tokopedia)

Daripada membeli hadiah-hadiah mahal untuk keluarga dan teman-teman, cobalah untuk membuat hadiah sendiri. Kamu bisa membuat membuat bingkai foto, sapu tangan yang sudah disulam, sabun buatan sendiri atau membuat kue kering dan mengemasnya menjadi hampers.

Hadiah-hadiah buatan tangan seringkali memiliki nilai sentimental yang lebih tinggi daripada barang-barang yang dibeli di toko dan mereka juga bisa menjadi pilihan yang lebih hemat.

6. Berkumpul Dengan Keluarga 

Lebaran bukan hanya tentang makanan dan hadiah, tetapi juga tentang berkumpul bersama keluarga dan menjalin hubungan yang lebih erat. Daripada menghabiskan banyak uang untuk makan di luar atau mengadakan acara di restoran, cobalah untuk mengatur pertemuan keluarga yang lebih intim di rumah. Kamu bisa memasak bersama saudara jauh, bermain game, atau bercerita bersama yang akan membuat acara berkumpul terasa semakin menyenangkan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa mengurangi pengeluaran saat Lebaran  tanpa mengorbankan kualitas dalam merayakan momen ini bersama keluarga dan teman-teman. Karena seperti yang kita tahu, lebaran adalah tentang kebersamaan dan kebahagiaan, bukan tentang seberapa banyak uang yang kamu habiskan.

Menghemat Pengeluaran Saat Lebaran (via Bank Sinarmas)