Menu Makanan Sehat yang Cocok untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Ramadan Sebentar Lagi, Berikut Makanan Sehat yang Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan saat di mana banyak umat Islam di seluruh dunia berpuasa sepanjang hari selama 29-30 hari. 

Setelah seharian berpuasa, tentu tubuhmu membutuhkan asupan yang bernutrisi kaya akan cairan.

Jadi, saat pertama kali berbuka, konsumsilah banyak cairan, makanan rendah lemak, dan makanan yang mengandung sedikit gula alami untuk energi (hindari banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula). 

Nah, apa saja menu berbuka puasa yang sempurna dan sehat? Di bawah ini beberapa contohnya:

1. Minuman – air, susu, teh memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau tambahan gula. Minuman berbahan dasar susu dan buah mengandung gula dan nutrisi alami. Minuman ini juga baik untuk berbuka puasa, namun hindari minum banyak minuman dengan tambahan gula setelah berbuka karena dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

2. Kurma – secara tradisional buah inu dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kurma adalah pilihan yang bagus untuk berbuka puasa karena kurma mengandung gula alami untuk energi.

Kurma juga menyediakan mineral seperti potasium, tembaga, mangan, dan merupakan sumber serat. Kamu juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis, atau plum, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

Contoh menu berbuka puasa yang sehat dan kaya nutrisi (medgo.id)

3. Buah – buah menyediakan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral sehingga bagus sekali untuk menu berbuka puasa.

4. Sup - Di banyak negara Arab, sup adalah menu yang ringan untuk berbuka puasa karena memberikan cairan. Sup tradisional berbahan dasar kaldu daging dan sering kali mengandung kacang-kacangan, serta makanan bertepung seperti pasta atau biji-bijian, memberikan nutrisi dan energi.

Setelah berbuka puasa dengan menu tadi, usahakan untuk memastikan makanan yang kamu konsumsi berikutnya mengandung nutrisi yang seimbang, seperti karbohidrat, biji-bijian, buah dan sayuran, makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan ya. Supaya kebutuhan tubuhmu akan nutrisi tetap terpenuhi selama bulan puasa.

Kurma adalah menu berbuka puasa ala Nabi yang kaya akan nutrisi (bdkpalembang.kemenag.go.id)

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Ramadan 2024 dimulai pada 12 Maret 2024, sementara PP Muhammadiyah, menetapkan maklumat puasa Ramadan dimulai pada Senin, 11 Maret 2024.

Meskipun puasa diwajibkan bagi semua umat Islam yang sehat (bukan anak-anak), ada pengecualian bagi mereka yang sakit atau yang kesehatannya mungkin terpengaruh oleh puasa, misalnya wanita hamil atau menyusui, serta penderita diabetes.

Sup ayam kaya nutrisi untuk menu berbuka (youtube.com)