Tahukah Kamu, Ini Lho 3 Benda Terbesar di Alam Semesta

FYI aja, ini lho 3 benda terbesar di alam semesta. Tahukah kamu?

Pernah kah kamu berwisata ke Candi Borobudur? Biasanya, orang yang pertama kali di sana akan dibuat kagum oleh ukurannya yang teramat besar. 

Di dunia ini, banyak sekali buatan manusia berukuran raksasa. Seperti Piramida Giza, atau yang terbaru adalah panjangnya bangunan pencakar langit Burj Khalifa di Dubai. 

Membicarakan soal ukuran, di luar angkasa sana, banyak sekali benda-benda angkasa yang besarnya sulit sekali dibayangkan. Berdasarkan perhitungan, manusia hanyalah sebutir debu di luasnya alam semesta!

Alam semesta (janus.astro.umd.edu)

FYI aja nih, ini lho 3 benda terbesar di alam semesta. Penasaran? Yuk cekidot cuy.

Ceres

Sampai saat ini, astronom baru berhasil menemukan Ceres saja sebagai asteroid terbesar yang pernah ada. Ukuran diameternya mencapai 965 kilometer!

Peta alam semesta (theconversation.com)

Kalo dibandingkan dengan ukuran bumi, sebanding dengan luas wilaya California. Dan saking besarnya, Ceres pun sanggup menghasilkan gravitasi sendiri berbentuk lancip. 

TRES4

Di tata surya Bimasakti, planet Jupiter dikenal sebagai planet yang paling besar. Namun kalo keluar sistem galaksi ini, kalian akan menemukan TRES4.

Bentuk orbit Ceres (io9.gizmodo.com)

Temuan astronom, planet ini memiliki diameter yang 70% lebih besar dari Jupiter. Nah, uniknya, massanya sendiri hanya 80% lebih ringan dari Jupiter.

VY Canis Majoris

Untuk bintang terbesar, peneliti menemukan VY Canis Majoris. Bintang ini berada dalam kelas Red Hyper Giants.

TRES4 (flynt.pbworks.com)

Sebagai perbandingan ukurannya, kamu perlu membuat mobil paling cepat di dunia dan menghabiskan waktu 2.600 tahun untuk mengitarinya sekali aja. 

Sedangkan kalo bintang ini menggantikan matahari Bimasakti, ukurannya pun akan melampaui orbit planet Saturnus. Gede banget, cuy!

Ilustrasi VY Canis Majoris (rhysy.net)