Cara Mencegah Munculnya Komedo, Gak Perlu Perawatan Mahal-Mahal Kok!

Cara Mencegah Munculnya Komedo, Gak Perlu Perawatan Mahal-Mahal Kok!

Komedo adalah pori-pori atau folikel rambut yang tersumbat oleh bakteri, minyak, dan sel kulit mati sehingga membentuk benjolan pada kulit. Jerawat ini tidak meradang dan menyakitkan seperti beberapa jenis jerawat lainnya. Namun hal tersebut bisa jadi tidak sedap dipandang.

Kamu mungkin lebih rentan mengalami komedo jika ada anggota keluarga yang yang memiliki riwayat komedo. Fluktuasi hormon juga meningkatkan peluang terkena komedo.

Lalu bagaimana cara mencegah komedo muncul mengganggu? Coba baca artikel ini sampai selesai ya untuk tahu caranya!

Cara Mencegah Munculnya Komedo

Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi atau mencegah munculnya komedo di masa depan:

Komedo putih (manado.tribunnews.com)

1. Cuci mukamu. Gunakan pembersih yang lembut dua kali sehari. Pastikan untuk mencuci muka setelah berkeringat.

2. Jangan mengiritasi kulitmu. Hindari produk yang bersifat abrasif atau mengeringkan. Gunakan air hangat suam-suam kuku daripada air panas untuk mencuci muka. Jangan menggosok kulit dengan kasar. Gunakan jari untuk mencuci muka, bukan spons atau kain.

Komedo hitam di hidung (alodokter.com)

3. Keramas secara teratur. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dapat mencegah munculnya jerawat di dekat garis rambut atau di kulit kepala.

4. Jangan mengorek kulit. Mencabut atau memencet noda dapat memperburuk keadaan atau menyebabkan jaringan parut. Menyentuhnya dapat menyebarkan bakteri dari jarimu dan menyebabkan infeksi.

5. Perhatikan pola makanmu. Hindari produk susu dan karbohidrat sederhana seperti roti putih, kulit pizza putih, sereal putih, nasi putih, dan gandum olahan lainnya.

6. Merawat kulit dengan benar dapat membantu mencegah komedo dan jenis jerawat lainnya. Hubungi dokter jika kamu memiliki pertanyaan tentang menghilangkan jerawat atau komedo.

Nah, itu tadi beberapa cara mencegah komedo muncul. Semoga membantu!

ore pack untuk menghilangkan komedi di hidung (marvee.id)