Tinggi Nutrisi, Lakukan 8 Cara Ini Agar Anak Suka Makan Ikan

Orang tua perlu membiasakan agar anak suka makan ikan agar nutrisi penting dapat diperoleh dengan maksimal. Simak caranya!

Tidak semua anak suka mengonsumsi ikan. Namun, penting untuk membiasakan agar anak suka makan ikan  karena memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. 

Ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, dan DHA yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Bagi orang tua yang ingin mengenalkan ikan ke dalam pola makan anak, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba agar anak suka makan ikan:

1. Kenalkan Secara Perlahan

Jika anak belum terbiasa dengan ikan, mulailah dengan mengenalkannya secara perlahan. Cobalah hidangkan ikan dalam bentuk camilan. Setelah itu lanjutkan dengan mengajak anak mencoba ikan yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang ringan seperti ikan dory atau ikan salmon. 

2. Sajikan dengan Menarik

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Mooimom)

Kreativitas dalam penyajian bisa membantu anakmu lebih tertarik untuk mencoba ikan. Misalnya, buat bentuk ikan yang lucu dengan cetakan makanan setelah ikan digoreng atau sajikan ikan dengan saus atau bumbu yang lezat.

3. Sajikan Bersama Makanan Favorit

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Hello Sehat)

Gabungkan ikan dengan makanan favorit anak. Misalnya, sajikan ikan bersama kentang goreng atau potongan wortel. Ini dapat membantu mereka merasa lebih nyaman mencoba ikan.

4. Memasak Bersama

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Hello Sehat)

Libatkan anak dalam proses memasak. Biarkan mereka membantu mencampur bumbu atau bahkan membalik ikan di atas panggangan. Langkah ini akan menumbuhkan rasa memiliki pada makanan yang mereka masak.

5. Berikan Pilihan

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Tirto)

Cara agar anak suka makan ikan yang lain adalah dengan membiarkannya merasa memiliki pilihan. Misalnya, tanyakan apakah mereka ingin makan ikan panggang atau digoreng. Memberikan mereka sedikit kendali dapat membuat mereka lebih antusias untuk mencoba.

6. Ceritakan Manfaatnya

Agar Anak Suka Makan Ikan (via DokterSehat)

Memberikan edukasi juga bisa menjadi cara yang efektif. Bicarakan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi ikan kepada anak. Jelaskan bahwa ikan mengandung nutrisi yang baik untuk otak, tulang, dan pertumbuhan mereka.

7. Berikan Contoh

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Vidoran)

Jadilah contoh yang baik. Anak-anak cenderung meniru apa yang orang tua makan. Jika mereka melihatmu menikmati ikan, mereka mungkin lambat laut akan tertarik untuk mencobanya.

8. Jangan Memaksa

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Blackmores)

Jika anak masih belum terbiasa untuk mengonsumsi ikan, maka jangan dipaksa. Kenalkan ikan perlahan dengan cara yang menyenangkan. Jika belum berhasil, kamu bisa mencoba mengenalkannya lagi di lain waktu. Hal ini perlu diperhatikan, karena jika dipaksa, anak akan cenderung merasa kapok dan tidak ingin lagi mencicipi ikan.

Ingatlah bahwa setiap anak berbeda, jadi bersabarlah dan berikan waktu untuk mereka mengembangkan selera. Penting untuk tidak memaksa agar anak suka makan ikan  jika mereka benar-benar tidak suka, tetapi dengan upaya yang tepat kamu bisa membantu mereka menjadikan ikan sebagai bagian yang menyenangkan dari pola makan mereka.

Agar Anak Suka Makan Ikan (via Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)