3 Negara Kecil yang Kaya Raya di Dunia, Mana Saja?

Ada beberapa negara kecil yang ternyata kaya raya dan bisa jadi rekomendasi untuk kamu kunjungi saat liburan. Negara mana saja ya?

Kecil-kecil cabe rawit adalah istilah yang pas untuk menyebut beberapa negara kecil yang kaya raya di dunia ini. Bagaimana tidak? Negara-negara tersebut ternyata memiliki sumber daya alam yang besar, kebijakan ekonomi yang cermat, dan juga sektor keuangan yang kuat.

Banyak orang yang menganggap bahwa negara adidaya merupakan negara kaya dengan segala fasilitas dan kemajuan teknologinya. Namun, negara-negara kecil ini nggak kalah kaya dibanding negara adidaya. Lantas, negara mana saja yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1.Monako

Negara kecil pertama yang ternyata kaya raya adalah Monako. Negara yang memiliki sejarah inspiratif ini memiliki kebijakan pajak penghasilan nol. Karena itu, tidak heran kalau banyak orang-orang super kaya pergi ke negara ini. Bahkan, Monako terkenal di seluruh dunia kalau penduduknya kaya. Menurut Bank Dunia, Monako memiliki kekayaan per kapita sebesar 234.317 dolar pada tahun2021.

2. Luksemburg

Negara Kecil yang Kaya (via Polityka)

Mungkin tidak banyak yang mengenal Luksemburg. Negara ini merupakan bagian kecil dari Eropa, tetapi kekayaannya tidak sama kecilnya seperti wilayah negaranya. Luksemburg disebut sebagai negara kaya karena tercermin dari PDB per kapita yang saat ini mencapai 130 ribu dolar. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata penduduk Luksemburg berpenghasilan tinggi. Kekayaan negara ini didapatkan dari industri baja, pajak, dan juga dari perusahaan raksasa seperti Google dan Amazon.

3. Andorra

Negara Kecil yang Kaya (via Expedia.co.id)

Terakhir ada negara Andorra yang berada di pegunungan tempat Prancis dan Spanyol bertemu. Meski dulunya Andorra pernah menjadi negara miskin karena letaknya yang terpencil, tetapi kini negara ini menjadi negara kecil di Eropa yang kaya raya. Pemasukan terbesar dari negara ini berasal dari sektor pariwisatanya yang maju pesat. Mendaki gunung dan bermain ski merupakan bisnis besar yang mampu membangkitkan perekonomian negara tersebut.

Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan negara yang wilayahnya tidak terlalu luas. Karena negara kecil yang kaya raya di dunia tadi telah membuktikkan bahwa besarnya wilayah tidak memengaruhi kemajuan ekonomi di negara tersebut.

Negara Kecil yang Kaya (via Visit World)