Sering Terjadi! 7 Hal Ini Bikin Rencana Gagal, Perbaiki dari Sekarang Ya...

Rencana gagal itu bisa diperbaiki. Maka, perhatikan 7 hal yang sering membuat rencanamu kandas. Segera sadari dan perbaiki kebiasaanmu ya...

Seseorang yang punya rencana dalam hidupnya pasti pernah mengalami kegagalan. Meski mengalami keterpurukan, tetapi bangkit dan melangkah lagi bisa digambarkan sebagai kepribadian yang kuat. Jika kamu termasuk pribadi yang kuat, artinya kamu punya rencana dan siap memperbaikinya jika mengalami kegagalan. Apa saja yang bisa menggagalkan rencana? Ini!

1. Membuat rencana yang tidak masuk akal

Rencana yang rumit dan nggak jelas, nggak masuk akal untuk direalisasikan. Maka, agar berhasil dan sukses, buatlah rencana yang detail. Rencana yang baik dibuat sesuai dengan rancangan waktu, prioritas, menentukan langkah, dan indikator keberhasilan.

2. Nggak percaya diri

Percaya pada diri sendiri adalah langkah pertama untuk mendulang keberhasilan. Jika kamu tidak percaya dengan dirimu sendiri, bagaimana orang lain bisa percaya jika kamu mampu melakukannya. Maka, mulai dari sekarang percayalah dan kamu bisa meraih mimpi.

3. Takut salah langkah

Rasa gamang dan takut salah langkah sering dialami oleh seseorang. Padahal, kita sama-sama nggak tahu bagaimana hasil yang akan didapatkan tanpa mencoba melakukannya. Maka, mulai dari langkah terkecil dan abaikan rasa takut salah langkah.

Rencana yang nggak masuk akal (canadianbusiness.com)

4. Punya kebiasaan yang nggak mendukung

Setiap orang punya kebiasaan masing-masing. Meski begitu, beberapa kebiasaan yang sebenernya diperlukan tetapi justru bisa menggagalkan rencana. Misalnya, jujur pada diri sendiri dan orang lain. Kebiasaan yang nggak jujur ini bikin nggak sehat. Jadi, ungkapkan apa yang kamu pikirkan dan rasakan dengan jujur. Dan, lakukan segala tugas dengan baik.

5. Mengerjakan setengah-setengah

Niat yang bulat mestinya diikuti dengan tindakan penuh tekat. Jika kamu mengerjakannya setengah-setengah, maka hasil didapatkan nggak seperti yang kamu rencanakan. Hasil yang didapatkan berkaitan dengan usaha yang dilakukan. Hasil nggak akan berkhianat kok!

Menutup muka (theguardian.com)

6. Banyak alasan

Alasan memang sesekali dibutuhkan untuk mengevaluasi hasil kerja. Namun, jika terlalu banyak alasan dalam melaksanakan tugas, ini justru membuang waktu. Belum lagi, alasan terkadang sengaja dimunculkan karena enggan atau merasa takut yang berlebihan. 

Jika kamu sering mencari alasan dari kegagalan atau hasil yang nggak maksimal, maka ubah dari sekarang. 

7. Enggan ambil resiko

Untuk beranjak dari zona nyaman, banyak orang sukses memilih untuk mengambil resiko. Persentase antara kegagalam dan keberhasilan itu sama. Jika nggak berhasil, ya gagal. Artinya, untuk berhasil perlu berani mengambil resiko. Cara ini lebih tepat dibanding berada di posisi yang sama setiap tahunnya.

Lensa kamera (additudemag.com)

Adakah 7 hal diatas yang membuatmu gagal? Atau justru menjadi alasan untuk tidak menentukan langkah setelah membuat rencana? Hmm, perbaiki segera ya! Buat hidupmu berwarna dan penuh 'piala'.

Pion catur (evolllution.com)